Tingkatkan Manajemen Mutu, UTU Lakukan Audit Internal ISO 9001 : 2015 Tahun 2021
  • UTU News
  • 09. 10. 2021
  • 0
  • 357

MEULABOH - UTU | Segenap sivitas akademika Universitas Teuku Umar (UTU) berkomitmen untuk terus meningkatkan penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015 sejak diterapkan 2019 lalu.

Komitmen itu dibuktikan dengan dilakukannya audit mutu internal terhadap 8 unit kerja yang berlangsung selama 2 hari kerja mulai 29 s.d. 30 September 2021. Ke 8 unit kerja tersebut adalah bidang umum, bidang keuangan, bidang akademik, bidang perencanaan, bidang kemahasiswaan, UPT Perpustakaan, UPT Laboratorium Terpadu dan lembaga LPPM-PM.

“Audit internal menjadi sangat penting dalam suatu organisasi seperti UTU  sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri karena dalam proses tersebut dapat dimonitor sejauh mana penerapan sistem manajemen mutu dan efektivitasnya yang dilakukan mengacu pada standar SMM ISO 9001: 2015”, demikian disampaikan Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA saat membuka audit internal pada Selasa (28/09) di ruang rapat utama Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU.

Audit internal dilakukan untuk lebih mematangkan dan menyempurnakan manajemen yang terdapat pada semua unit kerja UTU sebelum dilakukan audit eksternal oleh lembaga independen PT RINA Indonesia.

Sementara itu, Dr. Arfriani Maifizar, M.Si, selaku Koordinator Pusat Audit dan Monev UTU menambahkan bahwa tujuan audit mutu internal untuk memastikan apakah prosedur yang ditetapkan oleh institusi telah dijalankan dan apakah sistem yang diterapkan berlaku efektif sehingga hasilnya mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap penilaian akreditasi program studi dan institusi.

"Audit internal bukanlah kegiatan yang dilakukan untuk mencari-cari kesalahan setiap unit, tetapi lebih sebagai proses pencegahan untuk mengurangi segala hal yang berpotensi menjadi risiko di masa yang akan datang. dilakukan sejumlah evaluasi baik secara akademik maupun nonakademik yang terdiri dari kegiatan pengendalian, penjaminan dan penetapan mutu yang harus dilakukan secara berkelanjutan." Jelas Dr. Arfriani

Rangkaian audit internal UTU dimulai dengan opening meeting yang dihadiri seluruh anggota tim auditor,  dosen dan tenaga kependidikan yang merupakan wakil unit yang akan diaudit. Setiap unit kerja akan diaudit sesuai jadwal dan auditor yang telah ditentukan selama dua hari.  

Pasca audit dan visitasi di setiap unit kerja akan dilakukan tindak lanjut hasil perbaikan jika terdapat hal-hal yang harus direvisi atau dilengkapi sesuai saran dari auditor. Hasil audit internal akan dilaporkan kepada pimpinan untuk selanjutnya ditindaklanjuti perbaikan oleh auditi.

Audit mutu internal itu sendiri merupakan audit penjaminan dan konsultasi yang independen dan obyektif secara internal dalam institusi penyelenggara pendidikan berdasarkan standar yang dimiliki institusi itu sendiri.

Bagi sebuah perguruan tinggi seperti UTU, bidang akademik memang menjadi core business. Namun, aspek non akademik lainnya seperti organisasi, keuangan, sumber daya manusia, dan lain-lain memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pencapaian tujuan perguruan tinggi sehingga sistem mutu secara keseluruhan harus dievalusi secara berkala yang meliputi tanggung jawab, prosedur, proses, dan hasil. 

Untuk diketahui ISO 9001: 2015 adalah standard  dokumen (Standard Persyaratan) yang mencantumkan persyaratan yang harus dijalankan oleh organisasi dan harus dijaga implementasinya, Ada beberapa dokumen standard  yang berbeda dalam family ISO 9000 , tapi hanya  ISO 9001-2015 yang bisa disertifikasi.

ISO 9001: 2015 adalah standar terbaru dari Sistem Manajemen Mutu ini,  dan “2015” adalah  tahun revisi terbaru dari sistem Manajemen Mutu itu.

Penerapan sistem manajemen mutu adalah suatu keputusan strategis bagi suatu organisasi yang dapat membantu organisasi untuk meningkatkan kinerjanya secara keseluruhan dan menyediakan dasar yang kuat untuk inisiatif pembangunan berkelanjutan.

Audit internal merupakan salah satu syarat yang harus dilaksanakan bagi organisasi yang menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)

Komentar :

Lainnya :