Tim Kedaireka UTU Gelar Pelatihan Sadar Wisata di Damaran Baru, Bener Meriah
  • UTU News
  • 04. 12. 2021
  • 0
  • 1103

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umar melalui Tim program Matching Fund Kedaireka kembali hadir dalam kegiatan pelatihan sadar wisata di Bener Meriah, Sabtu (4/12/21).

Kegiatan ini memiliki misi untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam rangka peningkatan potensi wisata di Kampung Damaran Baru, Timang Gajah, Bener Meriah.

Kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 50 orang peserta dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Damaran Barau dilakukan di bukit, kawasan pegunungan Damaran Baru,  yang diselenggarakan pada 04 Desember 2021 ini mengangkat tema "Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDA) Pelaku Desa Wisata untuk membentuk Destination Branding Ecovillage Damaran Baru".

Damaran Baru dikenal sebagai daerah dengan keunikan pada wisata ecovillagenya, dimana kelompok masyarakat yang didominasi kaum perempuan dinamakan "Empu Uten" yang secara sadar dan mandiri menjaga kelestarian hutam di kawasan pegunungan dan hutan lindung.

Harapannya kegiatan ini mampu munculnya proses penyelarasan pengelolaan wisata setempat yang diharapkan menghasilkan dampak atau multiple effect dalam skala besar untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, dengan catatan apabila destinasi wisata ini dikelola dengan baik, yang memungkinkan juga untuk mendatangkan investor kedepannya.

Program ini juga merupakan inisiasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang bekerja sama dengan perguruan tinggi lewat Program Matching Fund Kedaireka, yang memiliki konsep berupa sesuatu hal yang lahir dari perguruan tinggi juga harus mampu diserap oleh masyarakat luas, dan memiliki dampak baik juga bagi masyarakat itu sendiri dikemudian hari.

Pelaksanaan Program Matching Fund Platform Kedai Reka Kemdikbud Ristek kolaborasi antara Universitas Teuku Umar dan DPMG Aceh dengan judul Pemberdayaan Masyarakat di Kawasan Pinggiran Hutan Lindung Butelega: Ecowisata dan Budidaya Lebah di Kampung Damaran Baru Kabupaten Bener Meriah.

Pada pelatihan kali ini menghadirkan sejumlah pemateri diantaranya Kepala Bappeda Bener Meriah, Khairun Aksa, SE., MM, Disnakermobduk Aceh, Bobby Denil Lesmana, dan Tenaga Ahli dari Universitas Teuku Umar, Maulidul Fajri, SP., M.Si yang juga Koordinator Herbal Park IBT-UTU.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor III Universitas Teuku Umar, Dr. Mursyidin, MA, Reje Kampung Damaran Baru, Abdul Gani, serta tim Kedaireka UTU, Amsal Irmalis, M.Sc, Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si, Teungku Nih Farisni, SKM., M.Kes dan Aduwina, S.Sos., M.Sc. (*)

Komentar :

Lainnya :