Sosialisasi Keunggulan Universitas Teuku Umar Kalangan Siswa di Barsela
  • UTU News
  • 20. 11. 2022
  • 0
  • 423

MEULABOH, UTU – Eksistensi Universitas Teuku Umar (UTU) yang berada di Barat Selatan Aceh (Barsela), tepatnya di Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh,  kini terus berkembang.  Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi guna memberikan informasi keunggulan UTU bagi komunitas siswa/siswi di Barsela, terutama mereka yang sedang duduk di kelas 3,  yang pada tahun depan mereka akan mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan. 

Sosialisasi itu dilakukan oleh Fiandy Mauliansyah, S.I.Kom.,MA dan Drs. Muzakkir, MA (Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP-UTU), serta Muhammad Ikhwan Adabi, SH.,MH (Dosen Prodi Ilmu Hukum FISIP-UTU).  Sosialisasi (pemasyarakatan) keunggulan Universitas Teuku Umar (UTU) dilakukan bagi kalangan siswa/siswi  SMK Negeri Kota Subulussalam dan SMA Negeri 1 Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil.

Sosialisasi tersebut mendapat respon luar biasa dari siswa/siswi. Hal itu, dapat dilihat dari berbagai pertanyaan muncul dari calon mahasiswa tersebut. Tanya jawab dan diskusi berlangsung serius dan penuh semangat. Sosialisasi diawali dengan tayangan Video kemajuan UTU, karya Hj. Risky Amalia Syahrani, S.I.Kom., M. Sos (Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UTU), dan dilanjutkan dengan pemaparan dalam bentuk ceramah dari tim sosialisasi.  “Pihak Kepala Sekolah dan para guru  baik dari SMK maupun SMA, menyambut baik kehadiran tim sosialisasi.  Meski dalam suasana hujan, sosialisasi berlangsung lancar dan sukses”.

Dari sekian banyak pemaparan yang disampaikan tentang keunggulan UTU, juga dapat dijelaskan, bahwa berdasarkan data dari Bagian Akademik UTU, Kampus kebanggaan bagi masyarakat Barsela itu, hingga sekarang sudah berdiri 6 (enam) fakultas (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Pertanian) dengan jumlah 20 Program Studi. Kualifikasi dosen yang bergelar doktor (S3) mencapai 19, 9 persen. Dosen yang masih bergelar magister  (S2) sebanyak 183, 91 persen). Dosen perempuan bergelar  doktor sebanyak  4 orang, dosen laki-laki 19 orang yang sudah doktor. Dosen laki-laki yang masih bergelar magister sebanyak 83 orang (34 persen), perempuan yang masih bergelar magister 138 orang (56 persen).

Baik bangunan fisik maupun jumlah mahasiswa UTU terus bertambah. Dari sekian banyak prestasi keunggulan yang diperoleh adalah UTU sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Satker Peringkat Terbaik se-Sumatera. Hal itu berdasarkan Surat Direktur Belmawa Dirjendiktiristek, Nomor : 2741/E2/KM.09.00/2022, tanggal 15 Juni 2022. (***)

Lainnya :