Pusat PKM UTU Gelar Monev Internal Program PPK Ormawa di Nagan Raya
  • UTU News
  • 19. 09. 2022
  • 0
  • 370

MEULABOH - UTU | Pusat Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PPKM) Universitas Teuku Umar menggelar monitoring dan evaluasi kelompok mahasiswa yang sedang melaksanakan kegiatan lapangan Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahawasiswaan (PPK ORMAWA) pendanaan Kemendikbud Ristek t.a 2022. Kegiatan tersebut berlangsung selama 17-18  september 2022 di 5 desa dalam Kabupaten Nagan Raya.

Adapun ke-5 tim PPK Ormawa tersebut  tersebar di desa Sumber Bakti Kecamatan Darul Makmur, Desa Langkak dan Purwosari kecamatan Kuala Pesisir, Serta Desa Meunasah Krueng dan Desa Bumi Sari di Kecamatan Beutong.

Turut hadir dalam kegiatan Monev tersebut unsur pimpinan sebagai pemonev, aparatur gampong, dosen pembimbing program PPK Ormawa yaitu Yoga Nugroho, SP, MM, DR. Rahmat Pramulya, MM; Safrida, S.Sos, M.A.P dan Rachmatika Lestari, SH, MH.

Yarmaliza, SKM., M.Si selaku Koordinator Pusat PKM mengatakan, program monitoring dan evaluasi internal ini merupakan program rutin dalam meningkatkan kualitas pelaporan dan kemajuan program kelompok mahasiswa yang mendapatkan hibah PPK Ormawa. 

"Besar harapan kami kegiatan PPK Ormawa dari Universitas Teuku Umar bisa berjalan dengan baik dan dapat memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat dan kemajuan desa." Kata Yarmaliza,

Ia menekankan, prestasi gemilang harus diupayakan dengan sungguh-sungguh dan memerlukan kerja sama dari berbagai unsur, baik mahasiswa selaku objek dan subjek PPK Ormawa, dosen pembimbing, serta dukungan universitas. 

"Kegiatan monev ini sangat penting dilaksanakan guna mengukur keberhasilan pelaksanaan program PPK Ormawa pendanaan tahun 2022," jelasnya

Yarmaliza menjelaskan ada sekitar 75 orang mahasiswa terlibat dalam program PPK Ormawa dari 5 tim. “Masing-masing tim PPK Ormawa melibatkan 15 orang mahasiswa, sehingga secara keseluruhan ada 75 orang mahasiswa yang sedang mengabdikan diri di tengah masyarakat,” jelas Yarmaliza yang juga salah seorang pembimbing tim PPK Ormawa.

Sebagaimana pemberitaan sebelumnya, tahun 2022 UTU berhasil mendapatkan pendanaan untuk 5  proposal pendanaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa).

PPK Ormawa merupakan salah satu implementasi dari kebijakan Kemendikbudristek sebab mahasiswa dapat berlatih menjadi pemimpin transformasional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat.

Program penguatan kapasitas Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Proposal yang diajukan oleh PT merupakan kumpulan dari berbagai gagasan/ide/usulan kegiatan dari satu atau lebih Ormawa.

Gagasan/usulan kegiatan merupakan bentuk pengabdian atau pemberdayaan masyarakat yang disusun oleh Organisasi Kemahasiswaan resmi yang ada di perguruan tinggi, yang dapat diimplementasikan dalam berbagai program sesuai dengan topik yang dipilih. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)

Komentar :

Lainnya :