Pimpinan FKM UTU Lantik Pengurus PIK-R PENATA Tahun 2022-2023
  • UTU News
  • 03. 12. 2022
  • 0
  • 964

MEULABOH, UTU – Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat-Universutas Teuku Umar (FKM-UTU), diwakili Wakil Dekan I-FKM UTU, Safrizal, SA, SKM.,M. Kes, melantik kepengurusan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Peuseulamat Nanggroe Teuku Umar (PENATA) FKM UTU, Periode Kedua Tahun 2022-2023. Tema kegiatan, ”Menumbuhkan Semangat untuk Meningkatkan Remaja yang Berkualitas Berkarakter dan Bertanggung jawab Serta Menghindari Triad KRR

Pelantikan PIK-R PENATA FKM UTU yang berlangsung di Aula Gedung Kuliah Terintegrasi (GKT UTU), 01 Desember 2022, dilanjutkan dengan pemberian sertifikat  penghargaan kepada pengurus lama yang telah demisioner dari PIK-R PENATA FKM UTU. Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Dekan I Safrizal SA, SKM.,M.Kes, yang juga selaku Pembina Organisasi PIK-R PENATA FKM UTU.

Dalam sambutannya,  Safrizal SA, SKM.,M.Kes, mengapresiasi  kinerja demisioner dan mengucapkan selamat kepada kepengurusan baru PIK-R PENATA FKM UTU yang telah menjadi penerus tongkat estafet guna menciptakan remaja Indonesia yang berkualitas, terhindar dari berbagai perilaku negatif seperti penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas serta perilaku negatif lainnya, dengan harapan nantinya remaja dapat tumbuh dan berkembang menjadi Generasi Berencana (GenRe) sehat, cerdas dan ceria.

Safrizal menambhakn, PIK-R adalah kegiatan dari program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja)  yang dibentuk karena adanya latar belakang permasalahan remaja yang makin hari makin meningkat terutama dikawasan sekitaran kampus. Tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan informasi dan konseling mengenai kesehatan reproduksi, HIV/AIDS, pubertas, edukasi seks/seksualitas, perencanaan kehidupan bekeluarga dan kegiatan-kegiatan penunjang lainnya bagi usia remaja, serta untuk meningkatkan sumber daya remaja yang berkualitas.  “Semoga, ke depan kinerja kepengurusan yang baru ini dapat berjalan aktif dalam menangani isu-isu terkait permasalahan remaja”, harap Safrizal.

Safrizal menyebutkan, organisasi ini terbentuk dari wujud kerjasama Fakultas Kesehatan Masyarakat- Universitas Teuku Umar (FKM-UTU)  dengan BKKBN Provinsi Aceh yang dalam hal ini bertanggungjawab serta dibina langsung oleh  Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Aceh Barat. Dalam menjalankan program organisasi Pusat Informasi Konseling Remaja PIK-R) ini, melibatkan mahasiswa aktif FKM UTU dengan slogan ‘Peuseulamat Nanggroe Teuku Umar (PENATA)’.

Kepengurusan PIK-R PENATA FKM UTU Periode Kedua Tahun 2022/2023 yang dilantik itu sebanyak 17 orang, yang terdiri atas pengurus inti sebanyak 4 orang, Ketua Umum adalah Putri Azizah, Wakil Ketua Umum Devi Nur Azlenda, Sekretaris Dina Rafika Sari dan Bendahara Nurul Syahfitri Br Sinaga. Divisi Bidang  Infokom 4 orang, Ketua Junita Sekar Mayasari dan anggota Rafita Permata, Saiful Hadi, Syafitri Ramadhani. Divisi  BKR( Bimbingan Konseling Remaja) 3 orang, Ketua Aulia Artika dan anggota Medinda, Marsya Intania Putri. Divisi  Kespro 3 orang, Ketua Risky Ananda Putra dan anggota Nurul Faradilla, Nadia. Divisi Pelatihan dan Pengembagan SDR 3 orang, Ketua Kurniawan Arya Saputra dan anggota Laili Rahmawati, Karnia Amanda.

Usai pelantikan, dilanjukan serah terima jabatan antara pengurus lama yang diwakili Ketua Umum demisioner, Muhammad Rizqi kepada pengurus baru diwalikili Ketua Umum Putri Azizah. Dalam kesempatan itu juga dilakukan serah terima Aset PIK-R dan kegiatan ditutup dengan foto bersama. (***)

Lainnya :