Ormawa UTU Kunjungi Tiga Perguruan Tinggi di Malang
  • UTU News
  • 13. 08. 2022
  • 0
  • 764

MEULABOH - UTU | Sejumlah organisasi mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) yang terdiri dari organisasi Pemerintahan Mahasiswa tingkat Universitas dan BEM tingkat fakultas melakukan kunjungan studi banding ke tiga perguruan tinggi di Malang, Rabu dan Kamis (10-11/8/22).

Adapun ketiga perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammaddiyah Malang. Kunjungan yang dipimpin  langsung oleh Wakil Rektor III UTU, Dr. Mursyidin, MA beserta Firman Parlindungan, Ph.D (Koordinator Pusat Pengembangan Kurikulum dan Bahasa) dan Marhaban, SE (staf kemahasiswaan) ini bertujuan untuk meningkatkan pembinaan dan prestasi mahasiswa.

Hari pertama, tim UTU mengunjungi Universitas Negeri Malang (UM). Di UM, tim UTU disambut dengan baik oleh Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan, Dr. Mu'arifin, M.Pd.

Dalam kunjungan kerja tersebut membahas terkait program bidang kemahasiswa dan alumni dari masing-masing kampus. Dijelaskan Mu'arifin, UM memfasilitasi seluruh kegiatan yang mendorong kreativitas mahasiswanya. Contohnya adalah fasilitas bagi mahasiswa yang mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Mereka akan diberi fasilitas mulai dari sosialisasi program di setiap departemen, bimbingan langsung oleh alumni pemenang PKM di tahun sebelumnya, hingga diberikan apresiasi berupa dana tambahan dari fakultas untuk PKM lolos pendanaan, dan apresiasi konversi SKS. "Selain itu, mereka yang berhasil mejuarai PKM juga akan mendapat apresiasi berupa biaya rekognisi. Mereka akan dibebaskan dari skripsi sebagai syarat kelulusan, ini merupakan apresiasi untuk karya tulis mereka," Jelas Mu'arifin.  

Setelah berkunjung ke UM, kunjungan dilanjutkan ke UMM. Di UMM, tim Universitas Teuku Umar disambut dengan baik oleh Warek 3  UMM Dr. Nur Subeki, ST., MT.

Seperti halnya UM, UMM pun memiliki sistem pendukung pengelolaan kemahasiswaan yang baik. Untuk peningkatan prestasi kemahasiswaan, selain sistem pendukung, UMM juga menguatkan peran Lembaga Semi-Otonom (LSO) yang terdapat di tiap fakultas. LSO adalah organisasi mahasiswa (ormawa) yang mewadahi minat dan bakat mahasiswa fakultas.

Selain itu, UMM mengimplementasikan dana kompetitif untuk pendanaan ormawa, sehingga pendanaan bergantung pada ajuan proposal. Semakin aktif ormawa, semakin banyak dana yang akan didapat, sebaliknya, jika ormawa sedikit berkegiatan, dana yang akan diterima pun hanya sedikit.

Dana yang didapat oleh ormawa pun bersifat sebagai stimulus, sehingga tumbuh kemandirian di dalam ormawa.

Sementara itu di hari kedua, tim UTU mengunjungi Universitas Brawijaya (UB). Setiba di UB, tim UTU disambut dengan baik oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa Prof. Dr. Abdul Hakim. Dalam sambutannya, ia menjelaskan organisasi, pengelolaan kemahasiswaan, dan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Dalam pengelolaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UB melakukan regenerasi penyiapan kader, pengelolaan proposal dan PKM didanai, dan karantina menuju pimnas. Dalam menyiapkan kader, UB telah mempersiapkan mahasiswa dari semester pertama. Di semester kedua, mahasiswa mengikuti Lomba Penulisan Proposal (LP2) PKM yang memperebutkan Piala Rektor.

Setiap lomba tingkat nasional, UB selalu menyiapkan kompetisi tingkat universitas, bahkan lomba tingkat fakultas. Melalui SK Rektor, UB menunjuk koordinator kegiatan kemahasiswaan yang berorientasi prestasi, di antaranya Pimnas, Pomnas, Peksiminas, dan Pistekminas.

Ketika dihubungi awak media, Dr. Mursyidin, MA menyampaikan bahwa banyak masukan yang didapatkan sehingga banyak hal yang dapat diimplementasikan dalam pengelolaan kegiatan kemahasiwaan di UTU kedepan.

“Kegiatan ini bagus untuk meningkatkan pengelolaan kegiatan mahasiswa yang berorientasikan pada prestasi. Harapannya, semoga ilmu yang telah didapatkan pada studi banding ini dapat diimplementasikan di tingkat universitas dan fakultas,” ujar Mursyidin

Kunjungan juga terkait rencana kolaborasi MBKM dan sosialisasi kompetisi UTU Awards ke 3 di kampus tersebut.

Selain studi banding, kegiatan ini akan dilanjutkan ke tingkat kerja sama antar universitas, sehingga terjadi kolaborasi antara Universitas Teuku Umar dan UB, UTU dan UMM serta UTU dan UM. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :