Mahasiswa UTU Ajak Masyarakat Desa Sumber Bakti Wujudkan Kampung Iklim
  • UTU News
  • 14. 08. 2022
  • 0
  • 791

MEULABOH - UTU | Tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Teuku Umar mengajak masyarakat  Desa Sumber Bakti, Nagan Raya menjadikan Desa sumber bakti sebagai kampung pro iklim.

Hal itu dikemukan pada kegiatan sosialisasi dan soft launching program kampung Pro Iklim melalui  program pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat desa sumber bakti, Jum'at (12/8/2022).

PPK Ormawa merupakan program yang dinaungi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Tujuan utamanya adalah memperkuat kapasitas Ormawa agar kompeten, khususnya melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Ketua Tim PPK Ormawa DPM UTU Ego Ibnu wijaksiena mengajak para penerima manfaat untuk bekerja sama mewujudkan kampung iklim, Desa Sumber Bakti. Ia juga menyampaikan bahwa setiap program yang di jalankan oleh Tim PPK Ormawa desa sumber bakti ini akan melibatkan berbagai pihak yang terkait, baik itu dari bidang Adaptasi, Metigasi dan keberlanjutan.

"Kami berharap hadirnya mahasiswa di tengah masyarakat ini bisa menjadi penyambung tangan oleh pihak yang ingin berkontribusi dalam mensejaterahkan masyarakat Sumber Bakti," kata Ego

Lanjutnya, untuk mewujudkan program kampung iklim ada beberapa kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan, dalam 4 bulan ke depan, yaitu. Program Agroforesty dan demplot pertanian di lahan gambut, pembuatan kompos, pengadaan Air bersih, dan pembinaan pembuatan ikan sale.

Pihak Desa Sumber bakti  pun mendukung adanya kegiatan PPK Ormawa ini, sebagaimana yang dikemukakan oleh Deni Firmansyah, keuchik setempat.

"Kami mendukung penuh kehadiran mahasiswa di tengah masyarakat, harapan kami dengan hadirnya mahasiswa ini dapat membina dan meningkatkan sumber daya manusia di desa kami," kata Deni Firmansyah.

Kegiatan sosialisasi ini turut dihadiri oleh seluruh anggota Tim PPK Ormawa Desa Sumber Bakti, keuchik dan seluruh  perangkat Desa, dan turut di hadiri oleh Ahmadi Jafar yang merupakn ketua dari kelompok tani Tunas muda dan anggotanya, serta perwakilan dari nelayan bubu, "Sukirno" dan anggotanya.

Ahmadi jafar dalam kesempatannya mengungkap bahwa mereka sangat membutuhkan uluran tangan dari berbagai pihak guna meningkatkan perekonomian masyarakat Desa sumber bakti, khususnya di bidang pertanian.

Sementara itu, Tgk Sulaiman dalam doa penutupnya menyampaikan semoga dari kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perubahan iklim yang semakin hari semakin meningkat, serta dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi suatu dorongan bagi masyarakat dalam mewujudkan kampung iklim Desa Sumber Bakti. (HUMAS).

Komentar :

Lainnya :