LPPM-PM Gelar Sosialisasi dan Penandatanganan Kontrak Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
  • UTU News
  • 13. 08. 2022
  • 0
  • 790

MEULABOH - UTU | Sebanyak 43 Dosen Universitas Teuku Umar (UTU) yang telah dinyatakan sebagai pemenang dana penelitian dan PkM hibah internal sumber dana PNBP tahun 2022 melakukan penandatanganan kontrak perjanjian kerja untuk melanjutkan pelaksanaan di lapangan. Kegiatan tersebut dilakukan di Aula utama Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, Rabu, 10 Agustus 2022.

Penandatanganan kontrak itu, dilaksanakan bersamaan sosialisasi mekanisme pelaksanaan penelitian dan PkM, mekanisme pajak penelitian, dan mekanisme pencairan dana penelitian dan PkM. Sosialisasi dan penandatanganan kontrak dibuka oleh Rektor UTU Dr. Ishak Hasan, M.Si yang diwakili oleh Ketua LPPM-PM UTU, Ir. H. Rusdi Faizin, M.Si. Turut hadir Sekretaris LPPM-PM UTU, Herdi Susanto, ST.,M.T, PPK LPPM-PM, Zafhuri, SKM serta seluruh dosen pemenang hibah penelitian.

Rusdi Faizin antara lain dalam sambutannya mengatakan, seorang dosen profesional itu harus menjalankan tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Ke depan kita akan mengundang pakar bagaimana menyusun proposal, dimana kelemahan kita selama ini dapat diperbaiki, sehingga ketersediaan dana penelitian dapat kita realisasikan.

Kami mengucapkan selamat kepada para dosen yang telah memenangkan dana hibah tahun ini. Bagi yang belum mendapat, dapat memperbaiki proposalnya, semoga dimasa mendatang dapat didanai semuanya”, ujar Rusdi Faizin.

Diharapkan kepada seluruh dosen UTU yang telah mendapatkan dana hibah ini, dapat menjalankan pelaksanaan penelitiannya sesuai prosedur keuangan yang berlaku. “Yang perlu diketahui, walaupun hibah ini mengguanakan dana internal UTU yaitu bersumber dari PNBP, tetapi tercatat di keuangan Negara. Oleh sebab itu, kita tetap diaudit oleh inspektorat Jakarta”, tegas Rusdi Faizin.

Mantan Pj. Rektor UTU itu juga menyampaikan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk memberikan komitmen kepada para peneliti dan pengabdi untuk dapat melaksanakan  dan menyelesaikan laporan akhir tepat pada waktunya. “Saya harap para penerima hibah dapat menyelesaikan penelitian dan PKM nya sesuai dengan yang tertuang pada kontrak dan juga menyelesaikan luarannya, itu yang terpenting,” pungkasnya.

Sementara itu, sosialisasi terkait penggunaan dana hibah dan pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disampaikan oleh Sekretaris LPPM PM-UTU, Herdi Susanto, ST.,MT. Antara lain, Herdi menjelaskan, karena dana hibah internal UTU sangat terbatas, maka jumlah proposal yqng diterima juga terbatas.

Total proposal yang masuk ke LPPM itu mencapai 170 proposal. Dari jumlah sebanyak itu, sekitar 50 persen yang tidak dapat didanai. Untuk itu, “Kami mohon maaf, mungkin pada kesempatan lain kita dapat mendanai kepada teman-teman dosen yang belum lulus tahun ini”, ujar Herdi (Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :