Ikuti Rakor Kehumasan PTN Se Indonesia 2022, UTU Siap Tingkatkan Citra Positif Kampus
  • UTU News
  • 12. 08. 2022
  • 0
  • 909

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umar dalam hal ini diwakili oleh Koordinator Pusat Hubungan Masyarakat dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (Humas & PPID), Aduwina Pakeh, S.Sos., M.Sc mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Kehumasan PTN dan LLDIKTI tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Rakor yang dilaksanakan di Gedung D Kemdikbud Ristek pada Kamis - Sabtu (11-13/8) tersebut mengambil tema "Membangun Humas Pendidikan Tinggi Yang Unggul". Rakor ini diikuti oleh 76 Perguruan Tinggi Negeri dan 16 LLDIKTI lingkup Kemendikbud Ristek.

Aduwina Pakeh mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat. Banyak ilmu yang didapat untuk meningkatkan kualitas insan humas pendidikan tinggi. Berkesempatan saling bertukar pikiran untuk meningkatkan citra positif insan humas, khususnya di Perguruan Tinggi Negeri.

Ia menjelaskan, UTU siap menyambut Anugerah Humas dan Anugerah Kerjasama Diktiristek dengan berupaya maksimal melaporkan kegiatan kehumasan dari tiap katagori yang memiliki dampak terhadap stakeholder dalam hal tranformasi pendidikan tinggi dari aspek IKU, MBKM dan Matching Fund Kedaireka.

"Kita akan secara maksimal untuk mempersiapkan menghadapi Anugerah Ristekdikti ini, apalagi ditahun 2021 kemarin, UTU berhasil membawa pulang 3 anugerah yaitu bidang kerjasama, majalah dan ULT," jelasnya

Lanjutnya, sejauh ini UTU selalu mengupdate dan menyajikan informasi kepada masyarakat baik berkaitan perkembangan, pembangunan, sumberdaya, prestasi, kegiatan dan lain-lain yang tentunya diharapkan dapat mendekatkan UTU dengan masyarakat.

"Tentu upaya ini akan secara terus-menerus dilakukan oleh rekan-rekan humas UTU dan civitas akademika UTU lainnya," pungkasnya

Sebelumnya Koordinator Humas dan Kerjasama Ditjen Dikti Ristek Yayat Hendayana dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan rakor adalah untuk koordinasi dan sinergi, pemantauan dan evaluasi humas di lingkungan Dirjen Dikti. 

"Kami berharap dengan Rakor ini humas bisa terus terpacu untuk membuktikan kinerja yang baik dan optimal untuk meningkatkan citra positif lembaga", kata Yayat Hendayana.

Sementara itu Plt. SesDitjen Dikti Kemdikbud Tjitjik Sri Tjilahjandarie menyampaikan bahwa humas harus mampu membangun citra yang menumbuhkan semangat. Menurutnya saat ini masih banyak berita yang belum terekspose. 

"Banyak program MBKM yang dikelola mandiri oleh PTN belum terekspose dengan baik, banyak juga berita positif yang terkubur oleh berita negatif. Komunikasi harus rutin dimonitor sebagai bahan evaluasi," ungkapnya. 

Ia menegaskan bahwa humas harus adaptif terhadap perkembangan media baru. Memperbanyak komunikasi kekinian agar mampu berbicara dengan kaum milenial yang telah berubah. 

"Kami sedang fokus membangun kedaulatan/kemandirian teknologi, tentunya dibutuhkan peran humas pendidikan tinggi untuk bantu mengekspose," katanya.

Selanjutnya ia mengemukakan pentingnya peran humas untuk membantu para akademisi dalam menyebarkan berita yang ilmiah sehingga dapat dikonversi menjadi populer. 

"Mari bersama-sama membangun humas pendidikan tinggi yang unggul," ujar Tjitjik. (HUMAS).

Komentar :

Lainnya :