Dorong Ketahanan Pangan, Prodi Agroteknologi UTU Gelar Workshop Hodroponik
  • UTU News
  • 21. 05. 2022
  • 0
  • 561

MEULABOH - UTU | Program studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar kembali menggelar workshop hidroponik dalam rangka meningkatkan SDM generasi muda. Workshop dilaksanakan di Aula Lantai II GKT, kampus UTU, Kamis (19/5/2022). Selain indoor, juga dilakukan praktek di kebun percontohan Fakultas Pertanian.

Kegiatan ini mengundang pemateri Benni Baihaqi, SP yang berprofesi sebagai Mantri Tani di di Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar. Beliau juga seorang praktisi hidroponik sekaligus sebagai ketua umum Petani Millenial Aceh. Dalam hal ini, beliau sering mengajak dan melakukan sosialisasi kepada anak-anak muda Aceh untuk terjun dalam dunia pertanian modern dan praktis khususnya hidroponik.

Tujuan dilakukan workshop ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan dalam bercocok tanam dengan metode hidroponik. Sehingga dapat memberikan motivasi dan semangat kepada generasi muda khususnya mahasiswa prodi Agroteknologi. Sehingga ketika terjun ke lapangan nantinya dapat menerapkan pengetahuan dan pengalamannya baik dalam bentuk wirausaha mandiri ataupun edukasi kepada masyarakat. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dosen dan Staff Program Studi Agroteknologi.

Dalam kegiatan ini, Bapak Benni Baihaqi selaku narasumber utama memberikan kegiatan workshop berupa materi dasar hidroponik, model-model hidroponik, produk hidroponik, serta sharing pengalaman dan keberhasilan yang telah dicapai dalam budidaya hidroponik.

Selain workshop, peserta juga dibekali dengan pelatihan secara langsung di Kebun percontohan Fakultas Pertanian. Hal yang diajarkan berupa pengenalan alat dan bahan-bahan untuk praktik hidroponik, pembuatan jenis hidroponik rakit apung, pembenihan, pembuatan nutrisi, pindah tanam ke kerangka hidroponik, cara perawatan, pemeliharaan tanaman secara hidroponik, dan hilirisasi hasil produk hidroponik.

Ketua Program Studi Agroteknologi Sumeinika Fitria Lizmah, S.Si., M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa workshop ini ditujukan untuk meningkatkan soft skill dan hard skill untuk dapat berwirausaha baik untuk mahasiswa yang belum menyelesaikan studi maupun yang sudah selesai menyelesaikan studinya pada Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar.

“kegiatan ini menjadi sarana edukasi serta kedepannya menjadi peluang bagi mahasiswa ataupun alumni untuk berwirausaha”. Ini merupakan langkah Program Studi Agroteknologi untuk mewujudkan alumni yang mampu berwirausaha (agroentrepreneurship) nantinya.

Sementara itu Wakil Dekan I yaitu Chairudin, SP., MP dalam sambutannya menyatakan bahwa workshop hidroponik ini diharapkan dapat membangkitkan semangat dan menambah skill pada mahasiswa dan alumni untuk dapat berwirausaha dalam bidang hidroponik yang kedepannya dapat membantu dalam penilaian akreditasi karena akreditasi ke depannya dinilai seberapa besar mahasiswa lulusan memperoleh pekerjaan dan menciptakan pekerjaan. (*)

Komentar :

Lainnya :