Wujudkan Penguatan Sistem Penjaminan Mutu, Prodi Ilmu Kelautan Sosialisasikan Visi, Misi dan Rencana

Meulaboh - Program Studi Ilmu Kelautan melaksanakan Sosialisasi Rencana Strategi (RENSTRA), Visi dan Misi Program Studi Ilmu Kelautan sebagai wujud penguatan sistem penjaminan mutu program studi. Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada Hari Jumat tanggal 15 November 2019 bertempat di Ruang Rapat Pimpinan FPIK. Dalam acara Sosialisasi tersebut, Dekan FPIK-UTU, Bapak Prof. Dr. M. Ali S, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa Sosialisasi RENSTRA Program Studi, Visi dan Misi ini merupakan langkah yang tepat untuk mempersiapkan prodi dalam menghadapi Akreditasi Prodi kedepan, oleh karena itu semua pihak harus mendukung apa saja program-program pada Program Studi Ilmu Kelautan yang bersifat visioner dan membangun demi kemajuan institusi dan memperbaiki kekurangan. 

Mohamad Gazali, S.Pi., M.Si selaku ketua Program Studi Ilmu Kelautan menjelaskan bahwa Program Studi Ilmu Kelautan merupakan salah satu Program Studi baru yang ada di lingkup Universitas Teuku Umar. "Kami bekerja cerdas dan ikhlas dengan mempersiapkan dokumen Akreditasi Program Studi Ilmu Kelautan secara bertahap dan hati-hati (cautious). Harapan kedepan, kami benar-benar siap menghadapi Assesor BAN PT dengan menyakinkan instrumen akreditasi 9 kriteria secara matang dan teliti.  Salah satunya adalah menyusun Rencana Strategis, Visi dan Misi Program Studi Ilmu Kelautan. Kami optimis dengan semangat kerjasama dosen Prodi Ilmu Kelautan dalam mempersiapkan dokumen utama dan dokumen pendukung akreditasi secara bertahap Insya Allah akan mampu meraih nilai akreditasi baik agar lulusan Program Studi Ilmu Kelautan dapat diperhitungkan dalam bursa lapangan kerja baik  di sektor formal maupun non-formal"

Lebih lanjut, Mohamad Gazali, S.Pi., M.Si mengatakan bahwa RENSTRA Program Studi Ilmu Kelautan ini merupakan turunan dari RENSTRA Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas yang dilaksanakan di Takengon (Aceh Tengah) pada tanggal 1-3 November 2019. Selain itu, Program Studi Ilmu Kelautan juga melaksanakan sosialisasi Visi dan Misi Prodi Ilmu Kelautan sebagai wujud uji publik baik kepada stakeholder internal  maupun eksternal sebagai pengguna lulusan (user). Dalam sosialisasi tersebut, Prodi Ilmu Kelautan menghadirkan stakeholder yang berasal dari berbagai instasi meliputi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabuoaten Aceh Barat, Panglima Laot, Alumni, Dekan FPIK UTU, Kaprodi dan Sekprodi di Lingkup FPIK UTU, Ketua Tim Penjaminan Mutu serta mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan, Dosen FPIK dan Mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan. Dalam evaluasi pemahaman visi dan misi program studi Ilmu Kelautan, panitia juga melakukan survey angket melalui kuesioner yang diberikan kepada stakeholder untuk mengkaji tingkat pemahaman terhadap visi dan misi Program Studi Ilmu Kelautan. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media sosialisasi yang tepat dan menjadi awal yang baik dalam merealisasikan Visi, Misi dan Rencana Strategis Program Studi Ilmu Kelautan

Komentar :

Lainnya :