Wujudkan Kampus Merdeka, UTU dan Balai Jasa Kontruksi Wilayah 1 Aceh Sepakati PKS Sertifikasi Mahasi
  • UTU News
  • 18. 01. 2021
  • 0
  • 339

MEULABOH - UTU | Dalam rangka mewujudkan Kampus Merdeka - Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta peningkatan kompetesi lulusan dengan Sertifikasi keahlian dibidang keteknikan, maka Universitas Teuku Umar melakukan penantanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Balai Jasa Kontruksi Wilayah (BJKW) 1 Aceh. Jum'at (15/1/21).

Penandatangan PKS dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Teuku Umar Prof, Dr. Jasman J Ma’ruf, SE, MBA dengan Kepala Balai Jasa Kontrusi Wilayah 1 (BJKW) Aceh Ir. M. Hilal, M.T di Gedung Balai BJKW.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Wakil Rektor 1 Dr. Aflizar, DAA, Dekan Fakultals Teknik Dr. Ir. M. Isya. M.T, Kabiro AKPK UTU Drs. H. Muslim Raden, M.Si. pejabat fungsional UTU, Husni Mubarak, SH. Hadir juga Ketua dan sekretaris Jurusan Teknik Mesin Maidi Saputra, S.T, M.T, Herri Darsan, S.T. M.T, Dosen Teknik Mesin Al Munawir. Sementara dari Pihak BJKW turut disaksikan Langsung Oleh Ibu Tgk.Farah Julana, S.T, M.T Kepala Seksi Pelaksanaan, dan Pak Ronal Juhardi, S.T M.T .

Dalam sambutanya Rektor Prof Jasman memaparkan kesiapan UTU dalam menyambut Program Kampus Merdeka- Merdeka Belajar serta tentang perkembangan UTU yang terus meningkat dengan adanya Gedung Baru yang ramah lingkungan serta Teritegrasi dengan semua jurusan.

Beberapa keberhasilan UTU baik dari rangking kampus, bidang penelitian, pengabdian, paten, greenmetrik, SDM Dosen, Kepangkatan Dosen, Mahasiswa berprestasi , Serta mahasiswa penerima beasiswa Program bidikmisi atau KIP Kuliah yang diterima oleh UTU sampai 85 % mahasiswa yang menerima.

"Ini semua bentuk keseriusan UTU dalam meningkatakan Pendidikan di Wilayah Barat Selatan Aceh." Jelas Prof Jasman

Dengan adanya kerjasama ini, Rektor berharap agar semua mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar tersertifikasi keahlian bidang kompetensi. Harapnya

Sementara Kepala Balai Jasa Kontrusi Wilayah 1 (BJKW) Ir. M. Hilal, M.T mengatakan kerja sama ini fokus pada peningkatan kompetensi mahasiswa dan alumni di bidang keteknikan.

"Beberapa program kedepan akan di fasilitasi oleh pihak Balai seperti pelatihan sertifikasi untuk mahasiswa di bidang  keahlin Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Industri." Jelasnya

Lanjutnya, semua sertifikasi ini akan di fasilitasi dan di biayai oleh pihak Balai. Kepala balai juga memfasilitasi sertifikasi Assesor untuk para Dosen di lingkungan Fakultas Teknik UTU.

Dalam kesempatan tersebut Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. M. Isya, M.T mengucapkan terimakasih kepada Rektor dan kepala Balai terhadap adanya kerjasama ini.

"Ini merupakan kesepatan besar bagi Fakultas teknik dalam melahirkan Alumni yang bersertifikasi kompetensi keahlian yang siap kerja dengan daya saing tinggi di era globalisasi saat ini." Katanya

Setelah penanda tangan selesai Kepala Balai mengajak Rektor beserta tim untuk melihat peralatan pelatihan yang ada di Balai Seperti Peralatan Pemesinan Produksi, Pengelasan, Peralatan Teknik Kayu, Alat berat, Asrama serta contoh rumah yang ramah lingkungan. Banyak peralatan hibah  yang berada dalam Worksop balai pasca sunami malanda Aceh. Kepala Balai juga mengintruksikan akan memfasilitasi traning sertifikasi alat berat selama 15 hari kepada mahasiswa Fakultas Teknik UTU.

Ketua Jurusan Teknik Mesin UTU Maidi Saputra, S.T, M.T  yang hadir menyambut baik tentang rencana dari Kepala Balai dan akan menindak lanjuti tentang agenda kedepan yaitu sertifikasi keahlian kopetensi bagi mahasiswa serta sertifikasi Asessor bagi Dosen. 

Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. M. Isya, M.T mengintruksikan Sekjur Teknik Mesin Herri Darsan, S,T, M.T bersama Ibu Tgk. Farah Julana, S.T, M.T Kepala Seksi Pelaksanaan dari BJKW 1 Aceh untuk secepatnya mengagendakan jadwal sertifikasi dari Balai ke Fakultas Teknik UTU seperti yang sudah dilakukan tahun sebelumnya yaitu Drafman Mekanikal, Pengelasana, SIBIMA, TOT Vokasi dan beberapa bidang keahlian lainya yang akan ditambah pada tahun ini agar bisa  diikuti oleh Mahasiswa Teknik Mesin, Teknik Sipil dan teknik Industri serta segera mengangendakan Persiapan  kuliah Perdana awal semester Genap di UTU yang akan di Isi oleh Pak Hilal pada saat semester genap dimulai atas permintaan Lansung Oleh Rektor UTU. (AP)

Komentar :

Lainnya :