UTU Terima Mahasiswa Praktikum Dari STIKes Medika Meulaboh
  • UTU News
  • 01. 08. 2019
  • 0
  • 219

MEULABOH – Praktikum merupakan bagian dari pengajaran yang bertujuan agar mahasiswa mendapat kesempatan untuk menguji dan melaksanakan dalam keadaan nyata apa yang diperoleh dalam teori. Laboratorium Terpadu Universitas Teuku Umar memiliki fasilitas yang memadai untuk kegiatan Praktikum. Baik sarana maupun prasarana dikelola dengan baik oleh SDM yang terdiri dari dosen, laboran, dan asisten laboratorium.

Labter UTU juga menyediakan berbagai fasilitas laboratorium sebagai penunjang kegiatan akademik dan penelitian dosen maupun mahasiswa. Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana berupa : Ruang Laboran, Ruang Praktikum, Ruang instrumen, Ruang alat dan bahan.

Selain itu, Labter UTU juga memfasilitasi praktikum maupun penelitian dari instansi lain. Salah satunya adalah mahasiswa STIKes Medika Teuku Umar, Meulaboh jurusan S1 Keperawatan melakukan praktikum di Laboratorium tersebut.

Sekitar 14 mahasiswa S1 Keperawatan melakukan praktikum Mikrobiologi dan Kimia di Laboratorium Terpadu. Materi tersebut berkaitan dengan bidang keahlian mahasiswa sebagai calon perawat. Materi yang mereka dapatkan diantaranya adalah analisis kandungan makanan, analsis darah sederhana seperti glukosa, kolesterol dan asam urat, uji protein dan glukosa dalam urin.

Kegiatan ini dikoordinir oleh Kepala Laboratorium Terpadu Universitas Teuku Umar, Ir. T. Amarullah, M.Pi dan dibantu oleh Rizki Erlangga Zanur, S.Pd, tenaga Laboran dan asisten lab yang profesional.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan, Ketua Labter. UTU mengucapkan terimakasih kepada STIKes Medika Teuku Umar yang mempercayai Labter UTU untuk melakukan praktikum kepada mahasiswanya, harapannya ke depan Labter UTU dapat menjadi rujukan bukan hanya STIKes, juga untuk Perguruan Tinggi lainnya, juga untuk sekolah-sekolah.

“Kita terus berbenah, melakukan pengembangan baik insfratruktur, sarana prasarana maupun sumber daya manusia, sehingga Labter UTU akan menjadi motor penggerak bagi pengembangan ilmu pengetahuan di wilayah Barat Selatan Aceh”. Kata Ir. T. Amarulllah

Pelaksanaan praktikum selama 4 hari yaitu mulai 29 Juli hingga 01 Agustus 2019. Selama pelaksanaan praktikum, mereka dibimbing oleh  Ririn Yuningsih, S.Pd salah satu dosen dari STIKes Medika Teuku Umar. (Aduwina)

Lainnya :