UTU Terapkan Sistim Pembayaran UKT-ONLINE
  • UPT_TIK
  • 01. 08. 2018
  • 0
  • 337

MEULABOH – Jajaran Universitas Teuku Umar (UTU) tahun ajaran akademik 2018/2019, awal semester ganjil ini, mulai menerapkan sistim pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) secara Online bagi mahasiswa.  Langkah awal dari penerapan tersebut, Bagian Keuangan UTU telah melakukan sosialisasi di depan personil unit kerja dalam lingkungan UTU, tentang pelaksanaan sistim pembayaran UKT-Online.

Sosialisasi sistim pembayaran UKT secara Online yang dilaksanakan di Aula Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UTU, 18 Juli 2018, dibuka oleh Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA, dan dihadiri  40  peserta  dari unsur Pimpinan Fakultas, unsur staf akademik, dan staf keuangan. Kepala Bagian Keuangan Universitas Teuku Umar, Zulfirman, SE.,M.Si (Ketua Panitia Sosialisasi) adalah sebagai pemateri dalam kegiatan sosialisasi sistim pembayaran UKT-Online.  Selain itu, turut hadir sekaligus menjadi narasumber adalah  Perwakilan Bank BNI Cabang  Meulaboh.

Rektor, Prof. Jasman dalam sambutannya menyampaikan, saat ini kita telah memasuki revolusi industry 4.0, dimana hampir semua transaksi dilakukan secara online. Maka untuk menyesuaikan dengan revolusi industry tersebut UTU harus segera berbenah. Tentunya pembenahan tersebut  dapat dilakukan dengan meng-efesienkan pelayanan yang salah satunya dengan menggunakan teknologi informasi.

Dengan terlaksananya sistem pembayaran UKT Online yang dilakukan oleh Kepala Bagian Keuangan UTU, maka pihak Kampus UTU sendiri akan terlihat lebih profesional dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa serta dapat meningkatkan brand kampus dimata calon mahasiswa baik lokal maupun nasional, ujar Prof. Jasman mengapreasiasi kinerja Kepala Keuangan UTU, Zulfirman.

Sedangkan dari pihak BNI Cabang Meulaboh, Fitra menyampaikan, pembayaran UKT dengan virtual Account akan memudahkan bagi mahasiswa membayar  SPP dari berbagai channel/media,  antara lain SMS Banking, Internet Banking dan M-Bangking.

Zulfirman dalam materinya antara lain menyampaikan, selama ini proses pembayaran UKT masih dilakukan secara manual dan konvensional.  Namun, kondisi ini menyebabkan in-efisiensi misalnya untuk merekap data pembayaran harus dilakulan secara manual dan membutuhkan waktu yang lama.  Maka untuk menjawab tantangan itu, pengelola UTU telah melakukan terobosan, kebijakan dan perubahan yang signifikan, misalnya   dalam hal Pengelolaan Penerimaan Bukan Pajak (PNBP) khususnya mekanisme pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Berdasarkan kondisi tersebut perlu dilakukan perubahan yang sangat berarti dalam hal PNBP khususnya mekanisme pembayaran UKT. Perubahan dimaksud perlunya pengembangan  Sistim Informasi Akademik (SIAKAD) yang telah ada dan dapat terintegrasi langsung ke database perbankkan.

Video Conference

Menindaklanjuti pengembangan SIAKAD, sebelumnya Kepala Bagian Keuangan UTU, Zulfirman, SE.,M.Si,  didampingi tenaga IT-UTU, Zulfitriyanto, ST, melakukan video conference dengan pihak Kanwil Bank BNI Medan, Sumatra Utara dan staf Kantor Pusat BNI yang bertempat di ruang conference room BNI Cabang Meulaboh, Selasa, 3 Juli 2018.

Dari hasil pertemuan melalui video conference ketika itu, Tim IT Universitas Teuku Umar melanjutkan pertemuan secara langsung dengan Tim IT Kanwil BNI Medan dan juga telah dilaksanakan brainstorming dengan beberapa universitas lain  yang telah melakukan kerjasama dengan BNI di Wilayah Kota Medan antara lain Politeknik Negeri Medan dan Poltekkes Medan, sebut Zulfirman.

Diharapkan, dengan terintegrasinya sistim SIAKAD dengan sistim pembayaran di Bank BNI maka terjadi peningkatan pelayanan kepada stakeholder Universitas Teuku Umar khususnya mahasiswa, sehingga penggunaan teknologi informasi yang ter-update  dapat meningkatkan value universitas secara keseluruhan. (Muzakkir)

Komentar :

Lainnya :