UTU Sosialisasikan Program P3AI Kepada Masyarakat
  • Humas
  • 03. 06. 2018
  • 0
  • 308

MEULABOH – Jajaran pimpinan dan dosen Universitas Teuku Umar (UTU) melakukan sosialisasi Program Pengembangan Pendidikan Agama Islam (P3AI) kepada masyarakat. Program P3AI ini sudah diterapkan di UTU mulai tahun 2017. Kepada mahasiswa yang baru masuk UTU  diwajibkan mengikuti P3AI.

“Sosialisasi program P3AI perlu, agar masyarakat dapat memahami, ternyata pengajaran pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (PTU) khususnya di UTU  wajib  ditanamkan kepada mahasiswa, sehingga setelah lulus dan menjadi sarjana, mahasiswa diharapkan dapat menambah ilmu agama dengan baik dan menjadi bekal dalam kehidupan mereka”, ujar  Kepala Biro Umum dan Keuangan UTU, Abi Sulthan, panggilan akrab Mawardi Amin.

Sosialisasi program P3AI serta ajang silaturrahmi itu untuk pertama kali dalam tahun ini, difokuskan pada lima (5) desa dalam Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat. Kali ini, sosialisasi dibatasi selama 3 malam, 29 sampai 31 Mei 2018. Sosialisasi program P3AI bersamaan dengan safari ramadhan tahun ini dilakukan di Desa Ujong Tanoh Darat, Ranto Panyang Timur, Peunaga Paya, Peunaga Cut Ujong, dan Gunong Kleng,  Kecamatan Meureuboh, Aceh Barat.

Sosialisasi program P3AI itu, dilakukan langsung oleh Ketua dan sekretaris P3AI yaitu Sulaiman, ST, MT, Samwil, MA dan dibantu oleh Drs. Muzakkir, MA.  Tujuan dibentuknya program P3AI adalah untuk menambah pengetahuan pendidikan agama islam  bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi Umum (PTU). Di UTU, jam mata kuliah agama sampai saat ini masih 2 SKS, dengan lamanya mengasuh sekitar 1 jam 30 menit dalam seminggu. Untuk itu, perlu dibentuk program P3AI ini agar mahasiswa dapat mempelari pengetahuan agama lebih mendalam.

“Program P3AI ini menjadi wajib bagi mahasiswa yang baru masuk di UTU. Bagi mahasiswa yang   tidak lulus program P3AI, kepada mahasiswa tersebut tidak dibolehkan mengambil mata kuliah pendidikan agama pada semester 3 yang ada di semua fakultas di UTU”, begitu penjelasan sekretaris P3AI, Samwil, MA.

Sistem pembelajaran program P3AI dilakukan diluar jam kuliah yaitu pada hari Sabtu dalam setiap minggu. Materi yang diajarkan dalam program P3AI itu antara lain mengenai aqidah akhlak, tauhid, membaca Alquran, dan praktek ibadah secara menyeluruh.  Mahasiswa program P3AI diajarkan oleh Mentor yang diangkat oleh pengurus program P3AI setelah dibekali ilmu agama melalui pelatihan khusus.

Jajaran pimpinan UTU yang ikut melakukan sosialisasi program P3AI adalah Kepala Biro Umum dan Keuangan UTU, Bapak Mawardi Amin, SE, Ak (Ketua Tim), Zulfirman, SE, M.Si, Rinaldi Iswan, ST, M.Sc,  SE, M.Si, Raflizar, S.STP, M.Si, M. Yunus Bidin, SH, MH, Edwar Efendi, SE, Ilham, S.Pd.I, Rizwan, SP, Ikhsan Taroki, SE, Abral Bunah, SE, Alisman, SE, M.Si,  M. Sc. (Muzakkir)

Lainnya :