UTU Lakukan Proses Audit Surveilans ISO 9001 : 2015
  • UTU News
  • 12. 10. 2021
  • 0
  • 377

MEULABOH - UTU | Sebagai tindaklanjut audit internal serta bentuk komitmen Universitas Teuku Umar dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. UTU lakukan proses Audit Surveilans penerapan dan pelaksanaan ISO 9001:2015 di Ruang Rapat Pimpinan Lantai 2, Biro Rektorat, Kampus UTU.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan Opening Meeting yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 7 Oktober 2021, dilanjutkan audit diseluruh unit serta ditutup dengan Closing Meeting pada tanggal 8 Oktober 2021.

Audit surveillance yang dijalani oleh UTU  ini dilaksanakan untuk memastikan bahwa standar mutu layanan di Universitas Teuku Umar masih sesuai dengan standar internasional yang dipersyaratkan oleh ISO.

International Organization for Standardization atau lebih dikenal sebagai ISO adalah salah satu Standar Internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu sebuah organisasi/perguruan tinggi, yang memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perguruan tinggi yang ingin bersaing secara global dan juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Rektor UTU yang diwakili Wakil Rektor I, Dr. Alfizar, DAA yang kemudian dilanjutkan dengan opening meeting audit yang dilakukan oleh Bapak Aydrus dan Ir. Karolus Karni Lando, M.BA sebagai Auditor. Kedua auditor ini berasal dari PT. Registro Italiano Navale (RINA).

Dalam kesempatannya, Dr. Alfizar menyampaikan terkait pelayanan yang telah dilakukan oleh UTU. “Pelayanan selama ini telah dipersiapkan dengan maksimal untuk mahasiswa.

Alfizar juga mengatakan bahwa pentingnya keberlanjutan manajemen mutu melalui audit ISO 9001-2015 setiap tahun.

"Kami berharap pihak RINA agar senantiasa membimbing UTU dalam meningkatkan manajemen mutu yang lebih baik." Katanya.

Kegiatan yang dipandu oleh Herdi Susanto, ST., MT yang merupakan sekretaris LPPM MP UTU ini turut dihadiri Wakil Rektor II, Dr. Ishak Hasan, M.Si, Kabiro AKPK, Drs. H.T. Muslim Raden, M.Si, Korpus Audit dan Monev UTU, Dr. Arfriani Maifizar, M.Si, serta sejumlah perwakilan dari unit terkait.

Ada 7 lokasi audit yaitu Bidang Umum, Bidang Keuangan, Bidang Akademik, Bidang Perencanaan, Bidang Kemahasiswaan, UPT Perpustakaan, Lembaga LPPM-PMP dan Laboratorium Terpadu.

Audit Surveilans Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: mencangkup pada Fokus Pelanggan, Leadership, improvement, serta audit saat ini fokus pada kepuasan pelanggan baik internal maupun eksternal.

Selanjutnya pihak RINA melakukan verifikasi berkas dengan TIM Surveillance UTU. Setelah itu dilakukan mandatory dokuments sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak RINA. Kemudian pihak RINA melakukan audit dengan auditee dari 7 lokasi audit yang telah ditetapkan dan diakhiri dengan Auditor meeting serta closing meeting.

Sertifikasi ISO 9001 akan memberikan manfaat maksimal kepada organisasi, jika organisasi tersebut menjalankan ISO 9001 dengan cara yang benar dan praktis. dengan implementasi yang benar Ini, akan memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang diadopsi, bekerja untuk upaya peningkatan dan bukan hanya satu set prosedur yang disimpan dan dipajang saja, dan dipakai pada saat ada audit.

Dengan mengadopsi pendekatan proses yang baik dengan praktek kerja lebih efisien dan berfokus pada tujuan organisasi, maka akan mencapai sebuah sistem yang akan membantu dan mendukung organisasi, dalam meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

Sebelum dilakukan Surveillance Audit ISO 9001 : 2015, Universitas Teuku Umar telah menjalani beberapa rangkaian kegiatan diantaranya Audit Mutu Internal (AMI) dan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM). Harapannya nanti dengan dikeluarkannya sertifikasi ISO 9001:2015 oleh RINA, akan memberikan banyak manfaat yang salah satunya ialah memberikan jaminan kualitas dan mutu serta bisa memperbaiki kekurangan yang ada. (*)

Komentar :

Lainnya :