UTU Lakukan Pengenalan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Secara Online
  • UTU News
  • 14. 09. 2020
  • 0
  • 397

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umar (UTU) menyelenggarakan kegiatan pengenalan kehidupan kampus atau Silaturahmi Mahasiswa Baru (SIMBA) bagi Mahasiswa Baru tahun akademik 2020/2021 selama dua hari, 14-15 September 2020 secara online.

"Ini pertama sekali UTU menyelenggarakan SIMBA secara online. Sejumlah pemateri telah diagendakan untuk mengisi sejumlah agenda. Walaupun dilakukan secara online, namun esensi dari kegiatan SIMBA tetap harus tersampaikan kepada mahasiswa layaknya seperti kegiatan tahun sebelumnya," ujar Wakil Rektor UTU Bidang Akademik, Dr. Alfizar, DAA dalam keterangannya, Senin (14/9/2020).

SIMBA UTU tahun 2020 ini diikuti oleh 1.800 mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia. Berbeda dari metode Program SIMBA  pada tahun-tahun sebelumnya, yakni yang menekankan kepada interaksi sosial langsung dengan lingkungan kampus dan sivitasnya, maka pada masa pandemi ini silaturahmi difokuskan pada upaya memperkenalkan sistem pendidikan tinggi dan simulasi interaksi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dengan demikian, para mahasiswa baru dapat mempersiapkan diri secara matang untuk menjalani kehidupan akademik secara daring. Untuk memotivasi para mahasiswa baru, panitia pelaksana SIMBA juga menyajikan rekaman sambutan dari sejumlah tokoh ternama, dari dalam dan luar negeri. Diantaranya dari Wakil Menteri Kehutana Alue Dohong, Anggota DPR RI, TA. Khalid, Kadis Pendidikan Aceh, Drs. H. Rachmad Fitri HD, MPA dan dari Prof. Datuk Dr. Yahaya bin Ibrahim (Mantan Naib Canselor Universiti Sultan Zainal Abidin Terengganu, Malaysia) dan Ketua Klaster Pembangunan Sosial Majelis Profesor Negara Malaysia

Seluruh rangkaian SIMBA UTU 2020 dapat disaksikan dalam kanal youtube Universitas Teuku Umar https://youtu.be/rZPhOeokiNU. Kegiatan SIMBA UTU tahun 2020 mengusung semangat Merdeka Berkembang, Merdeka Belajar, dan Merdeka Berprestasi kepada para mahasiswa.

“Mahasiswa akan diperkenalkan dengan berbagai strategi untuk menjadikan kampus sebagai ruang untuk mengembangkan diri, mempersiapkan masa depan, membangun portofolio, serta merangsang semangat kompetisi serta menemukan talenta – talenta mahasiswa baru UTU,” ujar Alfizar.

Untuk menyambut mahasiswa baru di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, UTU menggagas satu terobosan, yaitu lomba video pendek 1 menit tentang penanaman tanaman obat/herbal. Enam karya terbaik akan mendapatkan hadiah apresiasi dari Rektor dengan total 10 juta rupiah. Karya dari para mahasiswa baru dengan membuat tayangan video tutorial penanaman dan manfaat dari tanaman obat yang ada di lingkungan kehidupan merka.

Lebih lanjut Alfizar menjelaskan bahwa materi pembelajaran yang disajikan dalam acara SIMBA online bermacam-macam mulai dari Merdeka Belajar, Kurikulum, Entreuprenership, Kesadaran Bela Negara, Generasi Muda Tanpa Narkoba, Kesehatan Mental, Cegah Tindak Kekerasan Seksual, Kesiapsiagaan Bencana dan organisasi kemahsiswaan dan lain sebagainya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :