UTU Komit Terapkan Program 'Zero Waste' pada setiap Kegiatannya
  • UTU News
  • 16. 09. 2019
  • 0
  • 322

MEULABOH, UTU - Di tengah keprihatinan terhadap masalah limbah plastik yang kian mengancam bumi dan perairan global, upaya untuk mengurangi penggunaan plastik semakin gencar dilakukan di Indonesia, tidak terkecuali di lingkungan kampus.

Bahkan Universitas Teuku Umar (UTU) sangat komit dengan upaya mengurangi penggunaan plastik baik dilingkungan kampus maupun di eksternal kampus saat pelaksanaan setiap programnya.

Teranyar, UTU menunjukkan komitmennya tersebut dalam pelaksanaan program Kemah Kreatif SDM Universitas Teuku Umar yang dilaksanakan di objek wisata Ajay Lhok Geulumpang Raya, Setia Bakti, Aceh Jaya, 13-15 September 2019 lalu.

Selama pelaksanaan program, beberapa kebijakan pimpinan UTU terkait "Zero Waste" dilaksanakan dengan baik, diantaranya panitia pelaksana tidak menyediakan air minum dalam kemasan plastik, setiap peserta diwajibkan membawa tumbler untuk pengisian air minum, panitia menyediakan 10 titik air isi ulang. Selain itu, di setiap sesi foto bersama dengan pemateri, seluruh peserta memperlihatkan tumbler ditangan sebagai bentuk kampanye anti penggunaan plastik.

Ada hal yang menarik pada saat acara pembukaaan Kemah Kreatif SDM UTU yang dihadiri Sekda Aceh Jaya dan jajarannya pada Jumat (13/9). Panitia menyediakan 10 tumbler yang berlogo UTU untuk dihidangkan dan diberikan kepada para pejabat Aceh Jaya yang hadir sebagai bentuk pesan dan ajakan untuk menggunakan tumbler di lingkungan perkantoran pemerintahan setempat.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA dalam setiap kesempatannya, selalu menyampaikan pesan larangan penggunaan plastik dilingkungan kampus dan menganjurkan membawa tumbler kepada seluruh karyawan, tendik, dosen dan mahasiswanya. Begitupun untuk pelaksanaan program di luar kampus, Rektor menghimbau kepada seluruh civitas UTU untuk tidak malu mengkampanyekan anti penggunaan plastik, dengan cara membawa serta tumbler kemanapun dan dimanapun mengikuti kegiatan.

"UTU harus menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam hal upaya pengurangan sampah plastik, karana hal itu sesuai dengan Visi UTU menajdi kampus sumber inspirasi dan referensi." Kata Rektor Prof. Jasman

Selain itu, Beberapa Dosen Universitas Teuku Umar menjadi inisiator dan penggerak dalam Gerakan World Cleanup Day (WCD), terus berupaya untuk menggerakkan masyarakat dan berbagai komponen lainnya di Aceh untuk ikut serta dalam kampanye WCD Aceh 2019 yang akan dipusatkan di Lapangan Teuku Umar Meulaboh, Sabtu (21/9).

Mereka itu Ishalyadi, SKM., M.Kes; Arfah Husna, SKM., MKM; Azwar, SKM., MPH; Siti Maisyaroh Fitri Siregar, SKM., M.Kes; Sukma Elida, SKM., M.Kes; Enda Silvia putri, SKM., M.Kes dan Arif Iskandar, SKM., MKM. Gerakan mereka telah menginspirasi berbagai Instansi di Aceh Barat dan kabupaten lainnya di Aceh untuk ikut serta dalam program WCD Aceh 2019. Bahkan beberapa Instansi mengeluarkan surat edaran sebagai bentuk dukungan untuk ikut serta dalam kampanye "menjaga bumi dari sampah plastik". (Aduwina)

Komentar :

Lainnya :