UTU dan BPS Aceh Lakukan Kerja Sama
  • UTU News
  • 11. 07. 2019
  • 0
  • 127

MEULABOH – Pimpinan Universitas Teuku Umar menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (MoA) dengan Badan Statistik Provinsi Aceh, di Banda Aceh, 11 Juli 2019.

Pendandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Sama dilakukan oleh Rektor UTU, 1. Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA dan  Drs. Wahyudin, MM (Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh). Penandatanganan itu disakskan oleh Dekan Fakultas Ekonomi UTU, Dr. Zulham, Wakil Dekan I Dr. Syahril dan Kepala Bagian Perencanaan, Kerjasama dan Kehumasan UTU, Ahmad Fauzi, S.Pd, mewakili Wakil Rektor I UTU, Dr. Ir. Alfizar, DAA.

Dalam nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama itu, telah dicapai kesepahaman dan kesepakatan dalam bidang pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta kegiatan perstatistikan sebagai perwujudan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi,  dengan ketentuan sebagai berikut. Nota Kesepahaman ini dalam rangka menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Teuku Umar, dan kegiatan  perstatistikan di lingkungan Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh”.

MoU dan MoA ini bertujuan  untuk mendorong, mempercepat, dan meningkatkan kualitas pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang statistik dan mendorong penyebarluasan informasi statistik bagi kepentingan pembangunan nasional dan daerah.

Ruang lingkup yang disepakati kedua pihak yaitu pengembangan ilmu pengetahuan di bidang statistik. Pertukaran informasi, akses data statistik, publikasi penelitian, dan penyebarluasan informasi statistik. Kerjasama dalam kegiatan statistik, alih teknologi di bidang teknologi informasi, dan pengembangan sumberdaya manusia. Mendukung dan mendorong pelaksanaan penelitian mahasiswa dan dosen, magang, serta memperlancar dukungan akses data dan informasi statistik bagi kepentingan dunia pendidikan.  Mendukung dan mendorong pelaksanaan kegiatan perstatistikan dan penyebarluasan hasil kegiatan perstatistikan kepada masyarakat. Menyelenggarakan dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Narasumber dalam berbagai kegiatan ilmiah dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang statistik. Dan bidang lain yang disepakati bersama.

Pada prinsipnya MoU dan MoA ini  adalah untuk mensinergikan tugas pokok dan fungsi dari kedua lembaga tersebut dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan perstatistikan. Pelaksanaan atas Nota Kesepahaman ini akan diatur lebih lanjut dengan Perjanjian Kerjasama, sesuai dengan tugas, fungsi, dan Standar Operasional Prosedur bagi kedua lembaga sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. “Semoga kerja sama ini dapat terwujud, sehingga saling menguntungkan bagi kedua pihak, ujar Wahyudin.

Rektor UTU, Prof. Jasman dalam sambutan singkat mengucapkan terima kasih kepada BPS Aceh, atas kerjasama ini untuk mencapai kesuksesan bagi kedua lembaga tersebut ke depan.  “UTU saat ini terus berpacu dalam pembangunan, baik pembangunan fisik maupun membangun sumber daya manusia. UTU salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang masih tergolong baru. UTU memiliki core product yaitu  agro and marine industry. “Dengan harapan, melalui kerja sama ini dapat membantu UTU ke depan dalam mewujudkan visi misi UTU source of inspiration bagi dunia.(***)

 

Lainnya :