UTU Akan Gelar Kuliah Tatap Muka Februari 2021
  • UTU News
  • 08. 01. 2021
  • 0
  • 336

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umar (UTU), siap menggelar kuliah tatap muka pada awal semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yaitu bulan Februari 2021 mendatang. Hal ini sebagaimana yang disampaikan Rektor UTU Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA kepada sejumlah awak media, Kamis (7/1/2021) di lobi Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, Alue Penyareng.

Rektor Prof Jasman, mengatakan, pimpinan universitas telah melakukan rapat untuk menetapkan kebijakan perkuliahan semester genap.

"Intinya semester depan UTU mulai membuka diri dengan sistem pembelajaran luring. Walau demikian kita tetap tunduk dengan protokol kesehatan. Sesuai edaran Dirjen Dikti, kuliah tatap muka tergantung kondisi daerah dimana perguruan tinggi itu berada." Kata Prof Jasman

Lebih jauh Prof Jasman mengatakan untuk komposisi kuliah sendiri sedang disusun oleh pihak UTU. "Pihak Dirjen Dikti itu membolehkan sistem belajar daring dan luring. Kita masih dalam mempersiapkannya. Apakah nanti belajar teori tetap daring dan praktek kita offline, namun tetap dengan standar protokol," sebutnya.

"Penerapan kebijakan kuliah tatap muka ini telah dipertimbangkan jauh hari, selain sesuai edaran dirjen Dikti, kita juga rekomendasi dari satgas Covid-19 kabupaten Aceh Barat." Jelas Prof Jasman

Kebijakan ini akan terus dipantau dan disesuaikan dengan perkembangan kasus COVID-19 di Aceh. Pihak kampus juga akan selalu melakukan koordinasi dan meminta arahan dari Satgas COVID-19 Kab. Ach Barat dan Satgas Provinsi. Sambungnya.

Terakhir Rektor menjelaskan, standarisari protokol kesehatan pencegahan Covid-19 wajib diterapkan selama kuliah tatap muka. Di antaranya, masuk ke kampus/gedung dicek suhu tubuh, mencuci tangan, memakai masker, mengatur jarak kursi, serta tidak menggunakan pendingin ruangan.

Di samping itu, kuliah tatap muka dibatasi maksimal 30 menit untuk 1 SKS dan dalam satu hari maksimal dua kali mata kuliah. Sehingga diharapkan tidak ada aktivitas berdesak-desakan antara mahasiswa yang hendak kuliah dan yang ingin pulang. Mahasiswa yang telah selesai kuliah diimbau langsung pulang dan tidak boleh bergerombol.

"Kami akan mengumpulkan seluruh wakil dekan I untuk standardisasi persyaratan-persyaratan yang kami harapkan bisa berjalan saat awal semester genap yaitu 22 Februari 2021" ungkapnya.

Saat ini, naskah yang memuat kebijakan tersebut masih disusun oleh pimpinan universitas. Rencananya, dalam beberapa hari ke depan bakal diteken oleh Rektor. Tutup Prof Jasman. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :