UTeM Jajaki Kerjasama Joint Research dengan UTU
  • UTU News
  • 23. 08. 2019
  • 0
  • 325

MEULABOH, UTU - Universitas Teuku Umar (UTU) kembali mendapat kepercayaan universitas dari negara lain untuk menjalin kerjasama. Kali ini, UTU menerima kunjungan delegasi dari University Teknikal Malaysia Melaka (UTeM), pada Rabu (21/8), di Gedung Rektorat UTU. Pertemuan ini merupakan upaya kedua belah pihak dalam membentuk kerja sama baru.

Inisiasi kerjasama dilakukan oleh Fakulti Kejuruteraan Pembuatan dari UTeM dengan Fakultas Teknik UTU. Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE., MBA itu mendiskusikan berbagai peluang kerjasama yang dimungkinkan dilaksanakan oleh kedua kampus, terutama kerjasama dibidang Akademik.

Delegasi dari UTeM dipimpin oleh Prof. Madya Dr. Azma Putra bersama Dr. Mohd Afzanizam bin Rosli. Dalam diskusi yang berlangsung hangat itu, PM Dr, Azma menjelaskan mengenai poin-poin apa saja yang ditawarkan oleh UTeM kepada UTU. Point-point itu seperti peluang kerjasama bidang akademik iaitu study doctoral (S3) bagi Dosen UTU ke UTeM, join research dan seminar Internasional bersama, pertukaran mahasiswa, magang mahasiswa dan lain-lain.

Lebih lanjut disampaikan, PM Dr. Azma, pihaknya memiliki program studi yang bernama Teknik Mesin sedangkan UTU juga memiliki Prodi yang bernama Teknik Mesin. “Yaitu keduanya diajarkan mengenai manajemen dan teknologi. Sehingga kami mengharapkan adanya kerjasama antar kedua jurusan tersebut,” lanjutnya.

Selain di bidang akademik, Universitas Teknisi Malaysia Melaka juga menawarkan kerjasama di bidang penelitian dan publikasi jurnal. Abu berharap kerjasama yang nantinya akan terjalin dapat menjadikan ilmu yang ada di universitas dapat dijadikan ladang untuk bekerjasama bukan untuk sebuah kompetisi.

Menanggapi tawaran dari UTeM, Prof. Jasman yang didampingi Dekan fakultas Teknik Dr. Ir. M. Isya, M.T, Wakil Dekan I dan II FT, Samsunan, ST., MT dan Inseun Yuri Salena, ST., M.S, seta ketua prodi Teknik Mesin, Maidi Saputra, ST., MT mengapresiasi keinginan UTeM untuk melakukan kerjasama tersebut. Prof. Jasman berharap, kerjasama ini tidak hanya dilakukan di lingkup Fakultas Teknik saja, tetapi dapat menyebar luas ke fakultas lainnya di lingkungan UTU.

Pada acara kunjungan kerjasama ini, delegasi UTeM turut memberikan kuliah umum di Aula utama Universitas Teuku Umar yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dan mahasiswa lama dari Fakultas Teknik. Materi yang disampaikan oleh Dr. Mohd Afzanizam bin Rosli dengan tema “Recent Advanced on Solar Enerfy Harvesting Technology”. Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak. (***)

Sumber Tulisan : Heri Darsan (Dosen FT UTU)

Editor : Aduwina

 

Komentar :

Lainnya :