Tingkatkan Layanan Informasi, PPID Universitas Teuku Umar susun DIP
  • Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
  • 29. 06. 2019
  • 0
  • 691

PPID.UTU | Meulaboh - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Universitas Teuku Umar, Jum’at (28 Juni 2019) menyelenggarakan rapat penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) Universitas Teuku Umar. Rapat tim PPID dilaksanakan di ruang rapat pimpinan, lantai II Gedung Rektorat UTU, dibuka oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan, Mawardi Amin, SE.AK. hadir dalam pertemuan tersebut seluruh personalia PPID Universitas Teuku Umar dan operator SP4N LAPOR.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Universitas Teuku Umar adalah pejabat yang bertanggung jawab dalam pengumpulan, pendokumentasian, penyimpanan, pemeliharaan, penyediaan, distribusi, dan pelayanan informasi dan dokumentasi di lingkungan Universitas Teuku Umar, yang terdiri dari PPID Utama dan PPID Pembantu di tingkat Fakultas.

Demi tercapainya pelayanan informasi publik yang cepat, tepat dan akurat, maka PPID Universitas Teuku Umar perlu menyiapkan Daftar Informasi Publik atau DIP. DIP adalah catatan yang berisi keterangan secara sistematis tentang seluruh informasi dan dokumentasi publik yang berada di bawah Universitas Teuku Umar dan tidak termasuk informasi dan dokumentasi yang dikecualikan.

Daftar Informasi Publik (DIP) Universitas Teuku Umar dibagi menjadi informasi yang wajib disediakan & diumumkan secara berkala, informasi yang wajib diumumkan secara serta-merta, dan informasi yang wajib tersedia setiap saat.

Universitas Teuku Umar berhak menolak memberikan informasi dan dokumentasi yang dikecualikan dan tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan seperti informasi dan dokumentasi yang dapat membahayakan negara, informasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan hak-hak pribadi, informasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan rahasia jabatan dan/atau informasi dan dokumentasi yang belum dikuasai atau didokumentasikan.

“Kehadiran PPID sangat penting sekali terutama dengan kemajuan dunia digital, tidak ada lagi informasi publik yang ditutup-tutupi kecuali yang sifatnya rahasia.” Kata Aduwina, M.Sc selaku Ketua Pelaksana PPID Universitas Teuku Umar.

“Kegiatan penyusunan DIP menjadi penting untuk melaksanakan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) di Universitas Teuku Umar. UTU terus berupaya secara maksimal dalam pelaksanaan UU KIP melalui pemenuhan layanan informasi publik kepada masyarakat,” Lanjut Aduwina

Terdapat beberapa kesimpulan daripada rapat tersebut, di antaranya draft Daftar Informasi Publik (DIP) Universitas Teuku Umar akan dikonsultasikan dengan Rektor, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE., MBA untuk selanjutnya di SK-kan. Kemudian dalam waktu dekat ini (bulan Juli 2019) akan dilakukan kegiatan Sosialisasi UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan DIP Universitas Teuku Umar kepada segenap stakeholder Universitas Teuku Umar., serta penguatan kelembagaan PPID Universitas Teuku Umar dengan cara menyediakan petugas Unit Layanan Terpadu (ULT), sehingga pelayanan informasi publik Universitas Teuku Umar lebih baik dan berkemajuan. (***)

Komentar :

Lainnya :