Tingkatkan Kualitas, Dosen UTU Ikuti Short Course di The Hague Academy, Belanda
  • UTU News
  • 22. 11. 2019
  • 0
  • 404

MEULABOH, UTU - Said Achmad Kabiru Rafiie, SE., MBA, Dosen Prodi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar (FISIP UTU) mengikuti training singkat (short course) di the Hague Academy for Local Governance, Den Hague Ibukota Belanda, sejak tangal 26 Oktober sampai 9 November 2019.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam upaya peningkatan kompetensi, kapasitas SDM serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan dosen.

Kepada media UTU.News, Said mengabarkan keikutsertaannya dalam program tersebut didanai oleh Nuffic Scholarship sebagai upaya memperkuat sumber daya manusia dibeberapa negara berkembang. Nuffic (the Netherlands Organisation for International Cooperation in Higher Education) adalah sebuah organisasi independen non-profit yang berbasis di Den Haag, Belanda

Lebih lanjut, peserta yang mengikuti program ini terdiri dari 16 orang dari 11 Negara dan 5 orang peserta merupakan penerima beasiswa Nuffic. Para peserta terdiri dari Albania, Lebanon, Afganistan, Ethiopia, Philipina, republik rakyat Kongo, Kolombia, Kenya, Uganda, Sudan Selatan, dan Indonesia.

Dalam training ini, tema yang dibahas meliputi masalah pembangunan daerah pasca konflik, penguatan kapasitas pemerintah daerah, penguatan keamanan untuk memastikan investasi.

Selain itu juga kunjungan ke beberapa institusi pemerintah dan lembaga internasional di Belanda diantaranya Asosiasi Pemerintah Daerah Belanda di kota the Hague, Badan Penangulangan Bencana Leiden dan Mahkamah Agung Belanda. Kota den Hague merupakan kota diplomatik dan tempat dilangsukan konferensi meja bundar 1949.

Para peserta juga mengunjungi lembaga Internasional yang berada di Kota penuh sejarah itu, diantaranya mengunjungi parlemen Belanda, Lembaga Pengadilan Internasional dan Pengadilan Arbitrase Internasional, serta Istana perdamaian.

"Alhamdulillah, selama 18 hari berada di Belanda, banyak mendapat pembelajaran dari berbagai pakar dan ahli pemerintah, ekonomi, politik, hukum dan keamanan. (Aduwina / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :