Tingkatkan Kompetensi SDM, FPIK UTU Adakan Pelatihan untuk Dosen dan Tendik
  • UTU News
  • 12. 09. 2019
  • 0
  • 144

MEULABOH, UTU - Universitas Teuku Umar melalui Fakultas dan unit kerja senantiasa melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UTU menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan SDM yang berkaitan dengan keadministrasian, keuangan dan pengelolaan arsip pada Rabu (11/09).

Acara yang dibuka oleh Dekan FPIK, Prof. Dr. M. Ali Sarong, M.Si yang diwakili oleh Wakil Dekan I FPIK, Dr. Muhammad Rizal, S.Pi., M.Si itu dihadiri dosen dan tenaga pendidik (Tendik) se-lingkung FPIK. Dalam sambutannya, Muhammad Rizal menegaskan kepada peserta yang hadir agar melaksanakan tugas dan kerjanya dengan baik. “Pelatihan ini sangat penting bagi dosen dan tendik terutama yang berkaitan dengan keadministrasian, pengelolaan kearsiapan dan permasalahan keuangan." ujar Doktor jebolan IPB ini.

Menurut Muhammad Rizal, pengelolaan arsip sangatlah dibutuhkan bagi dosen dan tendik. Dosen dituntut memberikan karya-karyanya untuk bisa naik pangkat. Karya dosen berupa karya ilmiah, jurnal, buku, penghargaan dan lain-lain merupakan pertimbangan agar bisa naik pangkat. Begitu juga dengan tendik yang dinilai dari kinerjanya. “Kami berharap kepada dosen dan tendik untuk bisa memberikan dedikasinya bagi intitusi dengan baik,” tegas Rizal.

Tenaga Kependidikan (tendik) tidak bisa dipisahkan dengan tenaga pendidik (guru/dosen). Tenaga kependidikan termaktub dalam Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dalam Pasal 38 disebutkan bahwa tenaga kependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. Sehingga keberadaan tenaga kependidikan tidak kalah pentingnya dengan tenaga pendidik/dosen.

Tenaga kependidikan memiliki peran yang strategis dalam menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis. Karena dalam memberikan pelayanan, tendik dapat bertemu dan berbincang langsung baik dengan mahasiswa maupun pihak-pihak lainnya.

Sehingga Muhammad Rizal berharap tendik bersama-sama dengan dosen memiliki komitmen profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan, serta memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan dan tugas yang diberikan.

Pelatihan yang bertemakan "Peningkatan kapasitas dosen dan tenaga kependidikan tentang keadministrasian, keuangan dan kearsipan untuk meningkatkan pelayanan" ini menghadirkan narasumber yang kompeten pada bidangnya masing masing seperti Budi Santoso, S.So Kepala Bidang Kearsipan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Barat sebagai pemateri dalam hal kearsipan. Kemudian Zulfirman, SE., M.Si Kabag Keuangan UTU dengan materinya tentang pengelolaan keuangan. Sementara materi tentang tata naskah disampaikan oleh T.R Akbar, S.H, staf bagian umum yang juga protokoler utama Universitas. (Aduwina)

Lainnya :