Tim Robot UTU Lolos Seleksi Tahap I KRTI 2021
  • UTU News
  • 08. 06. 2021
  • 0
  • 508

MEULABOH - UTU | Tim Robot Universitas Teuku Umar (UTU) berhasil lolos tahap 1 seleksi Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  Pusat Prestasi Nasional.

Tim robot yang diberi nama Teuku Umar Racing (TUR) dari prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik ini diketua oleh Muhammad Asri Mubin dengan anggota Zammiq Syari dan Muhammad Khatami. Mereka dibimbing oleh Dosen Zakir Husin, ST., MT, Syurkarni Ali, ST., MT dan Maidi Saputra, ST., MT, serta praktisi T. Raden Triolan Wijaya, S.Kom.

Tim TUR tersebut akan berkompetisi dengan 46 tim lainnya yang tergabung dalam divisi Racing Plane (RP) dan bersaing dengan 18 tim lainnya di divisi Technology Development  (Airframe Innovation) / TDA.

Para peserta Kontes Robot Terbang Indonesia Tahun 2021 yang berjumlah total 170 tim ini dinyatakan lolos ke tahap 1 dan diumumkan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, Selasa (8/6/2021)

Kontes Robot Terbang Indonesia adalah sebuah ajang inovasi bergengsi di Indonesia yang diperuntukkan bagi mahasiswa seluruh Indonesia dalam bidang robotika dan dirgantara di bawah program kegiatan Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek RI.

Ketua Program Studi Teknik Mesin UTU, Maidi Saputra, ST., MT kepada media UTUNews mengabarkan jika tim TUR dalam ajang ini berhasil merancang pesawat Tanpa Awak (Unmanned Aerial Vehicle, UAV). Alat yang mampu terbang secara Auto Pilot dengan memanfaatkan teknologi GPS Waypoint yang dapat ditentukan arah dan tujuannya.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi pesawat tanpa awak ini sangat besar, selain dibidang pertahanan dan keamanan negara tentunya. Teknologi ini juga bisa diterapkan pada penerapan sistem high technology dibidang pertanian dan perikanan, yang sangat tepat dikembangkan di Universitas Teuku Umar yang mempunyai Core Product penelitian dan pengembangan dalam bidang Agro and Marine Industry.

"Tentunya keikutsertaan kita pada ajang KRTI ini dapat mengangkat nama Universitas Teuku Umar secara umum dan Prodi Mesin secara khusus, mengingat ajang ini menurut pengalaman terdahulu hanya diikuti oleh universitas-universitas besar yang mampu mengembangkan teknologi rumit ini." Jelas Maidi Saputra.

Sementara itu, Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA mengapresiasi keberhasilan tim mahasiswa UTU yang lolos seleksi tahap 1 dan berharap mampu melewati tahap-tahap selanjutnya hingga menuju final.

"Penemuan mahasiswa ini ke depan dapat lebih dikembangkan bukan hanya sekadar untuk menghadapi kompetisi KRTI, melainkan untuk kemanfaatan yang lebih bagi masyarakat." Harap Prof. Jasman. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :