Teuku Dadek Bekali Dosen UTU Tentang Kepemimpinan Teuku Umar
  • UPT_TIK
  • 06. 11. 2019
  • 0
  • 205

MEULABOH – Teuku Ahmad Dadek, SH salah seorang penulis buku di Aceh, termasuk menulis tentang Teuku Umar Johan Pahlawan, diundang ke Universitas Teuku Umar (UTU) untuk menjadi pemateri pada Workshop Kurikulum Mata Kuliah Kepemimpinan Teuku Umar, yang diselenggarakan oleh Pengelola Mata Kuliah Umum (MKU)-UTU.

Workshop yang dilaksanakan di Ruang Lembaga Bahasa Prancis UTU, Rabu, 6 November 2019, diikuti  oleh dosen yang mengampu mata kuliah Kepemimpinan Teuku Umar dalam lingkup UTU. Ketua Tim Koordinator Mata Kuliah Umum (MKU) UTU, Samwil, MA menyebutkan, kehadiran Teuku  Dadek ke UTU ini kami undang secara khusus untuk memaparkan dan membekali dosen Universitas Teuku Umar (UTU) terkait dengan sejarah dan Kepemimpinan Teuku Umar.

“Materi yang dberikan Teuku Dadek itu sangat mantap dan luas sehingga  menjadi referensi  bagi dosen UTU terutama bagi dosen yang mengasuh mata kuliah Kepemimpinan Teuku Umar”, ujar Samwil.  Selain menerima materi dan wawasan dari Teuku Dadek, peserta sangat antusias dan dilanjutkan dengan diskusi dan Tanya jawab.  

Diakhir pemaparan, Teuku Dadek menyarankan kepada peserta workshop dan pengelola MKU, mulai sekarang susun buku Kepemimpinan Teuku Umar. Menyusun dan menulis buku itu sederhana saja, yang penting jelas dan terarah. “Kalau tidak dilakukan dari sekarang, itu tidak akan siap-siap. Dan tidak perlu undang saya lagi ke UTU ini dalam soal sejarah Kepemimpinan Teuku Umar. Saya pikir ini sudah cukup lengkap, yang penting ada realisasi dalam bentuk buku ajar tentang Kepemimpinan Teuku Umar”, tegas Teuku Dadek.

Teuku Dadek mengatakan, bagi dosen yang memiliki keahlian dibidang bisnis, ahli bidang kepemimpinan misalnya,  ini perlu dikombinasikan, sehingga buku yang akan dilahirkan nantinya bisa benar benar bermutu. “Teuku Umar mau kita angkat dari sisi disiplin, misalnya. Apa yang dimaksud tentang disiplin terkait dengan Kepemimpinan Teuku Umar itu, dari sudut agama disiplin itu seperti apa. Ini yang perlu dikembangkan tentang Kepemimpinan Teuku Umar”, ujar Teuku Dadek membahani dosen UTU.

“Saya ingin menegaskan, kita tidak perlu banyak bercerita tetapi bagaimana buku tentang Kepemimpinan Teuku Umar bisa lahir  dengan cepat sebagai pedoman dan referensi dalam proses pembelajaran di UTU ini. Sekarang kerjakan, susun terus draf bukunya. Setelah disusun draf nanti dikirim ke kami dan kepada pihak-pihak lainnya untuk memperoleh masukan dan saran”, tegas Teuku Dadek

 Teuku Dadek kembali ingatkan, setelah bukunya lahir, kepada dosen yang mengajar mata kuliah kepemimpinan Teuku Umar, tinggal memahami dan mempelajari buku tersebut, lalu ajarkan kepada mahasiswa.  Karena tujuan menyusun dan menulis buku  adalah untuk melahirkan orang-orang yang rajin membaca buku, orang-orang yang rajin menulis, mampu  menyampaikan secara sistimatis kepada banyak orang dan bagi yang mau mendengarkan. (Muzakkir)

Lainnya :