Teknik Mesin UTU Gelar Workshop Kurikulum Era Industri 4.0
  • UTU News
  • 15. 11. 2020
  • 0
  • 187

MEULABOH, UTU – Jajaran Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik-Universitas Teuku Umar (FT-UTU), menggelar, “Workshop Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Mendukung Merdeka Belajar - Kampus Merdeka”, yang berlangsung selama 2 (dua) hari di Gedung ITC UTU , 12-13 November 2020.

Sekretaris Jurusan Teknik Mesin FT-UTU, Herri Darsan, ST., M.T, menyebutkan, Workshop Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 ntuk Mendukung Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, diikuti oleh seluruh Dosen Teknik Mesin FT-UTU dan beberapa dosen mata kuliah lain ynag mengajar di jurusan Teknik Mesin.

Workshop Penyusunan kurikulum ini d buka oleh Wakil Dekan 1 FT-UTU Samsunan S.T, M.T. Dalam sambutanya, Samsunan mengapresisasi Jurusan Teknik Mesin karena dalam hal penyusunan kurikulum merdeka belajar-kampus merdeka, Jurusan Teknik Mesin terdepan dalam penyususunan kurikulum merdeka belajar-kampus merdeka.

Dalam kesempatan itu, Samsunan berharap agar kegiatan ini dapat menghasilkan draf kurikulum yang sesuai dengan Core Product UTU yaitu angro and marine industri sehingga dapat mengahsilkan lulusan yang handal bisa bersaing di Tingkat Nasional maupun Internasional dengan mengkolaborasi dengan sejumlah disiplin ilmu.

Dalam penyusunan kurikulum ini juga turut hadir Firman Parlindungan, S.Pd., M.Pd., Ph.D (Ketua Pusat Bahasa dan Pengembangan Kurikulum UTU). Firman mendukung dan mengapresiasi pengelola Jurusan Teknik Mesin karena dinilai lebih maju dalam hal penyususunan Kurikulum Merdeka belajar-kampus merdeka.

“Kami berharap kegiatan serupa bisa buat juga oleh jurusan lain di lingkup Univesitas Teuku Umar (UTU) sesuai dengan arahan Pak Rektor, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA untuk menyusun kurikulum dengan time line yang sudah disiapkan oleh tim penyusun kurikulum sehingga penerapan bisa dilakukan di semester depan”, ujar Firman

Firman juga berharap penyusunan kurikulum ini berjalan lancar sehingga Jurusan Teknik Mesin dapat secepatnya melakukan kerja sama dengan beberapa kampus lain di luar UTU dan dengan perusahaan-perusahan yang berada di Aceh ataupun diluar agar penerapan merdeka belajar-kampus merdeka bisa diterapkan, agar dalam implementasi nantinya mahasiswa UTU bisa mengambil mata kuliah lintas prodi serta lintas kampus serta bisa menerapakan sistem magang pada perusahaan industri selama beberapa bulan dengan pengakuan sejumlah SKS yang diakuai.

Ketua Jurusan Teknik Mesin UTU, Maidi Saputra, S.T, M.T, dalam sambutanya juga berharap kepada semua dosen Jurusan Teknik Mesin bisa menyusun kurikulum ini sesuai dengan standar yang di tetapkan oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, sehingga nantinya inti dari kegiatan ini bisa bermanfaat bagi UTU, seluruh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, serta pihak industri dalam memanfaatkan alumni Jurusan Teknik Mesin di dunia Industri.

“Kegiatan ini nantinya akan menghasilakn draf kurikulum merdeka belajar-kampus merdeka yang sudah di susun oleh semua dosen Jurusan Teknik Mesin akan di kirimkan ke pada Tim Penyusunan Kurikulum Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan untuk dievaluasi sebelum di terapkan di Jurusan Teknik Mesin nantinya”, ujar Maidi. (***)

Komentar :

Lainnya :