Targetkan Akreditasi Unggul, UTU Gelar Simulasi Visitasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (APT)
  • UTU News
  • 30. 11. 2019
  • 0
  • 224

MEULABOH, UTU - Dalam rangka peningkatan Akreditasi Institusi Menuju Unggul, Universitas Teuku Umar (UTU) menggelar simulasi visitasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (APT), kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat pimpinan Lt. II Gedung Rektorat UTU, pada Sabtu (30/11/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UTU dan para Wakil Rektor, Direktur Lembaga, Kepala Biro dan para Dekan di lingkungan UTU serta Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Prof. Dr. Mulyadi Bur (Universitas Andalas) dan Prof. Dr. Marwan Ramli (Universitas Syiah Kuala) dan didampingi staf dari Kemenristekdikti yang melakukan penilaian pada simulasi visitasi akreditasi UTU selama tiga hari dari tanggal 29 November sampai dengan 01 Desember 2019.

Prof. Dr. Mulyadi Bur menyampaikan, yang terpenting dari proses akreditasi adalah bagaimana membangun mutu di sebuah perguruan tinggi negeri.

“Proses akreditasi sebetulnya lebih menekankan bagaimana penjaminan mutu yang menjadi sebuah budaya, proses akreditasi adalah alat untuk mengukur, jadi yang lebih dipentingkan dari proses akreditasi adalah bagaimana membangun mutu di sebuah perguruan tinggi negeri,” jelasnya.

“Kami dari tim Dikti sudah membaca dokumen borang, dan kami telah mencoba memahami apa yang telah ditulis dalam borang tersebut, dan masih kita temukan beberapa kelemahan baik dalam sistematika penulisan maupun dalam dukungan data. Kami juga telah melihat dukungan bukti data pendukung yang nantinya akan dilihat pada saat visitasi, dan diharapkan pada saat visitasi nantui baik dari sisi penulisan borang maupun data pendukung sudah bisa lengkap,” jelasnya.

Prof. Marwan menambahkan, UTU berpeluang untuk akreditasi unggul, pihaknya telah memberi catatan untuk penyempurnaan borang baik dari sisi tata tulis maupun dari kelengkapan data pendukung.

“Hampir semua perguruan tinggi memiliki peluang untuk mendapatkan akreditasi Unggul, asalkan mereka bekerja dan serius dalam menyiapkan borang,” pungkasnya.

Sementara Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA mengucapkan terimakasih atas kedatangan tim pendamping simulasi visitasi APT dari Kemenrinstek Dikti. Kita telah mempersiapkan tim Task Force yang bertugas menyiapkan dokumen termasuk borang, terlepas dari kekurangan dan kelengkapan data nanti akan disempurnakan, dengan waktu yang tersisa ini kita meningkatkan kualitas dari penulisannya dan kualitas dari data yang disiapkan.

"Berbagai kritikan yang disampaikan tim assesor tentunya akan sangat bermanfaat bagi UTU untuk terus melakukan penyempurnaan persiapan khususnya terkait Borang Akreditasi. Dan insya Allah Borang Akreditasi UTU akan dikirim bulan Desember," ungkapnya.

Terkait persiapan akreditasi Institusi, Rektor mengaku civitas akademika UTU sangat serius dan berupaya all out dalam menyukseskan pencapaian UTU menuju akreditasi Unggul. Berbagai upaya telah dilakukan, salah satu diantaranya menggenjot pencapaian akreditasi Program Studi yang terakreditasi B, serta berbagai program lainnya yang menjadi poin 9 standar penilaian Borang akreditasi.(Aduwina / Humas UTU)

Komentar :

Lainnya :