Tanda tangan Mou dan MoA dengan Panwaslih Aceh, UTU Siap Ikut Awasi Pemilu
  • UTU News
  • 13. 09. 2020
  • 0
  • 268

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umar (UTU)  melaksanakan kegiatan penandatanganan nota kesepahaman dan kerja sama (MoU dan MoA) dengan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Provinsi Aceh di Banda Aceh pada Sabtu (12/9/2020). Turut serta dalam penandatangan tersebut adalah Universitas Malikussaleh Lhokseumawe.

Penandatanganan MoU dilaksanakan di Hermes Hotel, Jl. T. Panglima Nyak Makam, Lambhuk, Kota Banda Aceh oleh Rektor UTU Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA dan Ketua Panwaslih Aceh Faizah yang disaksikan oleh Wakil Rektor I dan III UTU Dr. Alfizar, DAA dan Dr. Mursyidin, MA. Sementara penandatanganan MoA dilaksanakan antara FISIP UTU dengan Panwaslih Aceh yang dilakukan oleh Basri, SH., MH selaku Dekan FISIP serta turut disaksikan oleh Wakil Dekan 1 dan II FISIP UTU, Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si dan Apri Rotin Djusfi, SH., MH.

Kerjasama ini dalam bidang pendidikan politik dan pengawasan partisipatif pada pemilu mendatang. Adapun kerja sama itu meliputi pemanfaatan dan pengembangan sumber daya manusia untuk penguatan institusi. Dalam hal ini, mahasiswa akan dilibatkan aktif dalam setiap kegiatannya.

Kegiatan tersebut merupakan satu rangkaian dengan rapat koordinasi dengan Panwaslih kabupaten/kota se-Aceh yang dilaksanakan di Hotel Hermes Banda Aceh. Rapat ini sendiri merupakan kegiatan pertama dilaksanakan Panwaslih Aceh secara langsung sejak pandemi Covid-19.

Koordinator Divisi Pengawasan Panwaslih Aceh, Marini, dalam sambutannya menyebutkan bahwa MoU dan MoA yang ditandatangani ini menjadi upaya untuk penguatan knowledge management Panwaslih dengan bersinergi dengan pihak kampus. Bawaslu Indonesia juga berada di jajaran wakil presiden lembaga peradilan hukum pemilu. 

Pelembagaan Panwaslih ini menjadi satu-satunya yang ada di dunia dan harus bisa memberikan sumbangan besar pada penguatan pengawasan pemilu yang partisipatif.

Sementara Ketua Panwaslih Aceh, Faizah mengatakan UTU sebagai perguruan tinggi memiliki peran yang besar dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Oleh karena itu, kata dia, kesepakatan tersebut diharapkan mampu menggerakkan dan meningkatkan partisipasi pemilih dimasa yang akan datang.

"Sinergisitas yang terjalin antara Panwaslih Aceh dengan perguruan tinggi guna meningkatkan partisipasi pemilih dan meningkatkan pengawasan partisipatif. Kerja sama ini sangat urgent, karena keberhasilan Pemilu adalah berkat partisipasi peran kita semua. MoU ini sebagai bentuk pengembangan pengawasan partisipatif dalam menyukseskan pemilu yang berkualitas, aman, damai dan demokratis." ujar Faizah.

Sementara Rektor UTU, Prof Jasman menyambut baik atas terjalinnya kerjasama ini. "Kami siap bersinergi dengan Panwaslih Aceh dalam berbagai kegiatan, terutama yang dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam pengawasan Pemilu." Ujar Prof Jasman.

Harapan kami kerjasama ini dapat mendukung kurikulum kampus merdeka dan merdeka belajar untuk kesempatan magang bagi mahasiswa UTU di Panwaslih Aceh dan Panwaslih kabupaten/kota, khususnya di kawasan Barat Selatan Aceh (BARSELA). Pungkas Prof Jasman. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :