Sosialisasikan Pemuda Tanggap Bencana, RRI Gelar Kegiatan “Goes To Campus”
  • UTU News
  • 08. 10. 2019
  • 0
  • 131

MEULABOH, UTU - Radio Republik Indonesia (RRI) Meulaboh mengadakan kegiatan “RRI Goes To Campus” dengan bentuk dialog kentongan. Kegiatan ini diadakan dengan tema “Pemuda Siaga Tanggap Bencana”, di aula RRI Meulaboh pada Selasa (8/10/2010). Pemateri dalam kegiatan ini terdiri dari Pihak Kodim 0105 Teuku Umar yaitu Kolonel Infanteri Rahmad Edi, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Aceh Barat yaitu Usman serta peserta dihadiri oleh Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar, Sekretaris Kecamatan Johan Pahlawan.

Dalam materinya Rahmad Edi, mewakili Kodim 0105 Teuku Umar, menyampaikan, bahwa “fungsi TNI itu terdiri dalam dua bidang yaitu menjaga keamanan negara, dan menjaga keamanan rakyat seperti dalam keadaan bencana. Oleh karena itu, kami mengajak semua pihak untuk saling bekerja sama dan menjaga lingkungan agar tidak terkena bencana, sebab bencana selalu datang disebabkan oleh ulah manusia yang lupa akan pentingnya memperhatikan lingkungan disekitarnya, seperti sampah”. Jelasnya.

Pada tahun 2019, bencana sangat sering melanda Negara Indonesia seperti Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Banjir, Longsor dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kegiatan yang dilakukan oleh pihak RRI ini bertujuan untuk mengingatkan bahwa peran pemuda sangat penting dalam menjaga lingkungan. Hal ini, disebabkan pemuda merupakan generasi penerus yang harus menjaga dan memberikan perhatian lebih terhadap pencegahan bencana.

Hal ini juga disampaikan oleh pihak BPBD Aceh Barat, Usman, mengatakan “Pihak BPBD selalu berupaya semaksimal mungkin dalam melakukan pencegahan terhadap bencana yang datang maupun yang akan datang, dan salah satu kegiatan yang kami lakukan ada memberikan sosialisasi kepada masyarakat di daerah rawan bencana. Dan juga mengajak kalangan muda untuk berpartisipasi aktif dalam melihat gejala bencana di sekitarnya”. Ungkapnya.

Penanganan dan berbagai tindakan pencegahan terus dilakukan dalam menghadapi bencana, dan RRI dalam hal ini terus membantu dalam mengsosialisasikan tentang hal tersebut dalam berbagai kegiatan salah satunya adalah melalui dialog kentongan goes to campus ini. Hal ini, juga tidak terlepas dengan keinginan mengajak kaum terpelajar untuk berperan aktif untuk membantu dalam penanganan bencana.

Pihak RRI terus berperan aktif dalam membantu lembaga-lembaga terkait dengan program-program seperti ini. Kegiatan ini, sebagai upaya memberikan kesadaran bagi masyarakat dan dengan melibatkan mahasiswa sebagai kaum terpelajar, masyarakat dapat lebih memahami tentang menjaga lingkungan. (Anhar Fazri)

Komentar :

Lainnya :