Sosialisasi Dokumen APT UTU, Rektor Paparkan Sejumlah Kemajuan Yang Membanggakan
  • UTU News
  • 20. 10. 2020
  • 0
  • 277

MEULABOH - UTU | Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Prof. Dr. Jasman J Ma'ruf, SE., MBA kembali memaparkan sejumlah kemajuan yang diraih oleh Kampus kebanggaan masyarakat pantai Barat Selatan Aceh ini dalam kurun waktu yang relatif masih muda yaitu 6 tahun, dalam kegiatan sosialisasi dokumen APT UTU, Selasa (20/10/20).

"Pada tahun 2015, UTU menempati rangking 2.892 menurut klasterisasi Kemendikbud, dan tahun 2020 ini Alhamdulillah rangking UTU menempati peringkat 229." Jelas Prof Jasman dihadapan seluruh stakeholder Kampus.

Prestasi ini, lanjutnya merupakan buah karya dari seluruh dosen UTU. "Jumlah dosen kita sedikit, namun mampu menghasilkan karya dan produktivitas yang tinggi, sehingga peringkat UTU secara nasional terus membaik.

"UTU memiliki visi sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi dibidang agro and marine industries, untuk itu seluruh inovasi yang dilahirkan, penelitian yang dihasilkan dan berbagai usaha pengembangan lainnya harus tetap dijalur yang mengarah kepada pencapaian visi tersebut." Harap Rektor

Selain keberhasilan dalam hal peringkat, UTU juga dalam bidang pembangunan Insfrastruktur dengan penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, salah satunya Gedung Kuliah Terintegrasi yang memiliki berbagai kecanggihan teknologi. Dalam bidang publikasi, UTU jauh mengungguli kampus lain di Sumatera, dengan jumlah dosen terbatas kita mampu meraih jumlah jurnal terakreditasi terbanyak. "Ada 14 jurnal lingkup UTU yang terakreditasi SINTA (mulai peringkat 6 hingga 4) dari 28 Jurnal secara keseluruhan, 14 jurnal yang belum terakreditasi tersebut terdapat 12 jurnal yang belum memenuhi syarat untuk akreditasi karena usia Jurnal dibawah 2 tahun." Lanjutnya

"Yang luar biasanya, dari 20 orang dosen UTU itu mampu menghasilkan 1 Jurnal terakreditasi, itu menjadikan kampus UTU menjadi yang paling produktif di Sumatera." Kata Rektor dengan bangga.

Kemajuan bidang lain yang juga perlu mendapat perhatian dari semua pihak yaitu keberhasilan UTU meraih peringkat 22 Nasional UI-Greenmatrics dari 74 Perguruan Tinggi yang berani ambil bagian dalam kompetisi ini dari seluruh Indonesia.

"Keberhasilan UTU meraih peringkat tersebut bukan karena lokasi kampus berada dalam lingkungan hijau (hutan), ini perlu diluruskan persepsinya. Namun karena kemampuan kita memenuhi seluruh standard kompetisi yang disyaratkan, Pengukuran ini berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Indikator penilaian yang diukur  terdiri atas keadaan dan infrastruktur Kampus, energi dan perubahan Iklim, pengelolaan sampah, penggunaan air, transportasi dan Pendidikan." Tambah Prof Jasman

Terakhir, Rektor mengharapkan kerjasama dan kerjakeras semua pihak untuk memajukan Universitas Teuku Umar sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Hadir dalam kegiatan ini adalah Wakil Rektor II Dr. Ishak Hasan, M.Si, Wakil Rektor III, Dr. Mursyidin, MA, para Dekan, Wakil Dekan, Ketua Senat, Para kepala Biro, para Kabag, Ketua jurusan, ketua pusat lingkup UTU dan seluruh anggota tim penyusun borang Akreditasi Perguruan Tinggi UTU. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :