SEMINAR SERIES: Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Metode Mind-Map
  • Prodi Ilmu Kelautan
  • 30. 10. 2019
  • 0
  • 557
  • MAHASISWA

Program Studi Ilmu Kelautan melalui Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan, Universitas Teuku Umar melaksanakan kegiatan kuliah umum bertemakan “Kerja Cerdas Dalam Mengembangkan Ide Penelitian”. Kegiatan ini diselenggarakan di ruang seminar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan pada rabu (30/10/2019). Pemilihan waktu pelaksanaan kegiatan ini bertepatan dengan persiapan pembukaan Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun 2019 yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Pemilihan waktu yang bertepatan ini bertujuan agar mahasiswa lebih siap dalam merancang suatu ide penelitian untuk dapat diterapkan dalam pelaksanaan PKM 2019 nantinya. Kegiatan kuliah umum dihadiri oleh seluruh mahasiswa program studi Ilmu Kelautan dan dibuka secara langsung oleh kepala program studi Ilmu Kelautan yakni Bapak Mohammad Gazali, S.Pi, M.Si.

Materi yang disampaikan pada kuliah umum seminar series kali ini yakni trik dan tips dalam menulis dan mengembangkan ide penelitian melalui metode mind-map yang dipaparkan oleh Bapak Samsul Bahri, S.Kel, M.Si. Dalam pemaparannya, pemateri menyampaikan pentingnya menulis bagi seorang akademisi. “Dengan banyaknya sumberdaya alam yang ada di pantai barat selatan tentu menjadi peluang bagi para akademisi khususnya dibidang kelautan untuk menjawab ribuan pertanyaan tentang laut yang masih menyimpan ribuan misteri. Data hasil penelitian ini nantinya akan digunakan untuk mengungkapkan kondisi yang sebenarnya secara fakta dan aktual, serta dapat memberikan suatu nilai kebaharuan (novelty) bagi peneliti itu sendiri. Hasil penelitian ini pada akhirnya akan di publikasi kepada khalayak melalui sebuah karya tulis ilmiah".

Pemilihan materi ini diharapkan dapat membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menulis laporan ilmiah, khususnya laporan praktikum yang menjadi rutinitas setiap mahasiswa pasca melaksanakan kegiatan praktikum lapangan. Selain itu juga dapat digunakan dalam mempersiapkan penulisan proposal PKM khususnya pada bidang penelitian yang akan di buka pada bulan november nantinya. Ivana Irayunilda selaku ketua panitia pada kegiatan seminar series kali ini menyampaikan bahwa pemateri seminar series kali ini adalah dosen baru pada Program Studi Ilmu Kelautan. “Hal ini tentunya sangat berdampak positif terhadap para peserta seminar yang mendapatkan semangat, ilmu dan wawasan baru khususnya dalam mengembangkan ide penelitian”. Dengan adanya kegiatan seminar series ini diharapkan dapat terus menjalin silaturahmi yang berkesinambungan antara tenaga pengajar dan mahasiswa khususnya pada Program Studi Ilmu Kelautan.

Komentar :

Lainnya :