Rektor UTU Jadi Pemateri di Kampus UMT Malaysia
  • UTU News
  • 08. 10. 2019
  • 0
  • 151

MEULABOH, UTU - Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA pada Minggu (06/10) menjadi pemateri dalam kuliah tamu (visiting lecture) di Kampus University Malaysia Terengganu (UMT).

Selain rektor, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTU, Dr. Mursyidin, MA dan Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UTU, Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si, juga mengisi kuliah tamu tersebut.

Kuliah tamu tersebut adalah bagian dari implementasi poin kerjasama antara UTU dengan UMT. Ketiganya masing-masing membahas tentang pemasaran dan kreativitas oleh Prof. Jasman; konflik aceh: perdamaian melalui pendekatan budaya oleh Dr. Mursyidin; dan peranan organisasi masyarakat sipil dalam pembangunan perdamaian di Aceh oleh Dr. Afrizal Tjoetra.

Selain kuliah umum yang merupakan poin kerjasama dalam bidang Pendidikan, juga termasuk pemberian materi kuliah diruangan untuk mahasiswa UMT. Kuliah tamu ini dilaksanakan di Fakulti Perniagaan, Ekonomi dan Pembangunan Sosial (FPEPS), UMT Malaysia selama 5 hari. Dalam program ini juga meliputi pertukaran pelajar / student exchange.

Rektor UTU, memberikan kuliah di hadapan ratusan mahasiswa Fakulti Perniagaan, Ekonomi dan Pembagunan Sosial. Semntara Dr. Mursyidin pula mengisi mata kuliah Sosiologi dihadapan mahasiswa Program Studi Policy (Kebijakan Publik). Dan Dr. Afrizal Tjoetra mengisi kuliah tentang sosiologi konflik di hadapan mahasiswa Ekonomi.

Saat sesi tanya-jawab banyak peserta dari Malaysia ingin mengetahui lebih banyak tentang ekonomi, budaya dan perdamaian Aceh. Mereka mengaku terkesan dengan perkembangan Aceh pasca konflik dan Tsunami yang melanda Aceh.

Sehingga menarik minat kalangan civitas akademika di Malaysia untuk belajar lebih lanjut tentang pengalaman dan dinamika pembangunan dan perdamaian Aceh.

"Program pertukaran dosen UMT-UTU ini perlu diteruskan di tahun depan dan akan dikirim lebih banyak lagi dosen UTU mengajar UMT dan juga dosen UMT mengajar ke UTU." kata Rektor UTU dalam rapat pimpinan UMT yang dipimpin oleh Timbalan Naib Canselor Akadamik, UMT.

Dalam pernyataan Naib Canselor Akademik UMT, tahun depan Dosen UMT akan mengisi kuliah selama semester di UTU di mulai tahun 2020 dan UTU-UMT mencapai kesepakatan untuk melaksanakan Seminar Internasional bersama di UTU tahun 2020 mendatang. (Mursyidin).

Komentar :

Lainnya :