Rektor Dan Sivitas Akademika UTU Gelar  Safari Subuh Education
  • UTU News
  • 11. 05. 2019
  • 0
  • 219

MEULABOH – Ramadan Tahun 2019 ini, Rektor bersama sivitas akademika Universitas Teuku Umar (UTU) melaksanakan safari subuh “subuh education”  yang diberi tema, “Alquran dan Akhlak”. Subuh berjamaah yang digelar di Pelataran Gedung Rektorat UTU, 10 Mei 2019, dirangkai dengan kegiatan penyerahan nilai hasil penerapan P3AI bagi mahasiswa UTU angkatan 2018/2019.

Subuh education itu diprakarsai oleh Pengurus Program Pengembangan Pendidikan Agama Islam (P3AI). Setelah melaksanakan shalat subuh berjamaah bersama sivitas akademika UTU, kegiatan subuh education dilanjutkan dengan tausiyah dan paparan singkat dari Rektor UTU, Prof. Dr. H. Jasman J. Ma`ruf, SE., MBA, M. Kamil Safruddin, LC (sebagai penceramah), dan Ketua P3AI, Sulaiman Ali, ST, MT (menyampaikan laporan kegiatan subuh education).

Sekitar 2000 jamaah, Pak Rektor, Prof. Jasman, Ibu Ketua Dharma Wainta Persatuan (DWP), Ardawalis Binti Abdurrahman bersama anggotanya, Wakil Rektor I, Dr. Alfizar, DAA, Para Dekan Lingkup UTU, Para Kepala Biro, Para Kepala Bagian, Para Wakil Dekan,  mahasiswa, dosen dan dan tenaga kepandidikan UTU hadir  mengikuti shalat subuh berjamaah serta mengikuti tausiyah.

Rektor UTU, Prof. Jasman dalam pengantar singkatnya antara lain mengatakan,  “kegiatan yang sungguh sangat mulia ini perlu kita berikan apresiasi, dengan penuh ikhlas, penuh semangat melaksanakan  ibadah kepada Allah SWT walaupun dalam suasana dingin, bahkan berjauhan dari rumah, namun karena ingin mengharap ridha Allah SWT, kita tetap mengikutinya secara bersama-sama”.

Prof. Jasman berharap, semoga ke depan kegiatan keislaman ‘subuh education’ seperti ini dapat ditingkatkan lagi. “Kegiatan ini sangat besar manfaat dan maknanya, termasuk kita memberikan dukungan terhadap pembinaan karakter dan akhlakul karimah, sehingga menjadi sumber referensi bagi mahasiswa UTU dan sebagai pemecah rekor muri atas pelaksanaan perdana sholat subuh berjamaah bersama di kampus UTU. Alhamdulillah, dengan niat dan ketulusan hati melaksanakan kewajiban kita kepada Allah SWT, kegiatan ini dapat berjalan dengan suasana yang penuh hikmat, penuh keakraban dan kekeluargaan”, ujar Prof. Jasman.

Sementara itu, ustad Kamil Safruddin dalam tausiyahnya antara lain mengatakan, dengan diturunkan Alquran sebagai pedoman hidup manusia, menuntub kita hamba yang beriman kejalan yang benar, dan juga Rasulullah SAW adalah suri tauladan yang patut kita jadikan contoh.

Sulaiman Ali, ST.,MT, Ketua Program Pengembangan Pendidikan Agama Islam (P3AI) Universitas Teuku Umar menjelaskan, kegiatan subuh education merupakan salah satu kegiatan yang bersifat pembinaan karakter bagi mahasiswa yang berbasis pada akhlaqul karimah dan cinta Alquran. “Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk evaluasi akhir dari proses pembelajaran P3AI Universitas Teuku Umar.

Kegiatan subuh education bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan memperkuat ukhuwah (persaudaraan) sesama mahasiswa, dosen dan pimpinan UTU, meningkatkan insan kampus pada nilai-nilai relegius, mencintai Alquran, serta  memberikan sertifikat kepada mahasiswa angkatan 2018 yang lulus pada ujian akhir P3AI.

Dalam kesempatan itu, Sulaiman Ali juga melaporkan, program P3AI telah dilaksanakan selama satu  semester yaitu pada semester genap Tahun Akademik 2018-2019 dan program ini juga sangat berkaitan dengan mata kuliah pendidikan agama, dimana hasil nilai P3AI akan memperkuat untuk penilaian yang diberikan oleh dosen agama kepada mahasiswa yang bersangkutan. (zakir)

Lainnya :