Program P3AI-UTU Tahun Akademik 2021/2022 Dimulai
  • UPT_TIK
  • 21. 09. 2021
  • 0
  • 464

UTU) diwajibkan mengikuti Program Pengembangan Pendidikan Agama Islam (P3AI) diawal semester. Program P3AI ini sudah diterapkan di UTU sejak tahun 2017. Pembukaan tanda dimulainya pembelajaran P3AI Tahun Akademik 2021/2022, Sabtu, 18 September 2021, dilakukan oleh Rektor Universitas Teuku Umar (UTU), Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA secara video virtual. 

Koordinator Pusat P3AI UTU, Sulaiman Ali, ST., MT menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti P3AI mencapai 2.161 mahasiswa, yang meliputi 724 laki-laki dan perempuan 1.437 orang, dibagi dalam empat sesi. ‘Mahasiswa yang tidak lulus pada semester sebelumnya diwajibkan mengikuti pembelajaran pada tahun ini’. 

Sulaiman menjelaskan, P3AI juga menfasilitasi mahasiswa non muslim untuk belajar dan beribadah pada tempat peribadatan mereka masing- masing. Jumlah mahasiswa non muslim untuk Tahun Akademik 2021/2022 sebanyak 38 orang.

Ada tiga metode pembelajaran P3AI Universitas Teuku Umar (UTU) yang diterapkan yaitu program metode iqra’, program metode praktek ibadah dan fardhu kifayah serta mentoring akhlak dan ketauhidan. Pelaksanaan program P3AI tujuannya untuk menambah pengetahuan pendidikan agama Islam bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi Umum (PTU), agar mahasiswa dapat mempelajari pengetahuan agama Islam lebih mendalam, ujar Sulaiman.

Sulaiman menjelaskan, sistem pembelajaran program P3AI dilakukan diluar jam kuliah yaitu pada hari Sabtu setiap minggu. Materi yang diajarkan dalam program P3AI itu antara lain mengenai aqidah akhlak, tauhid, membaca Alquran, dan praktek ibadah secara menyeluruh. Mahasiswa program P3AI diajarkan oleh Mentor yang diangkat oleh pengurus program P3AI setelah dibekali ilmu agama melalui pelatihan khusus. Jumlah mentor P3AI untuk Tahun Akademik 2021/2022 ini sebanyak 84 mentor terdiri dari 84 kelas.

P3AI merupakan program akademik yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru Universitas Teuku Umar (UTU) dan sebagai prasyarat kelulusan Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Pendidikan Agama dan sebagai syarat kelulusan administrasi sidang akhir mahasiswa. 

Rita Hartati, S.Pd., M.Pd selaku Sekretaris Pusat P3AI juga memaparkan tentang bebarapa program lain yang wajib diikuti oleh mahasiwa yaitu subuh education dan kuiah umum P3AI.

Rangkaian penutup grand opening diberikan motivasi sekaligus pembacaan do’a penutup oleh Samwil, MA selaku Koordinator Pusat Pengelola Mata Kuliah Umum (MKU) Universitas Teuku Umar. (***)

Lainnya :