Prof. Sri Aprilia,
  • UTU News
  • 07. 02. 2019
  • 0
  • 238

MEULABOH - Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu untuk memperkuat program studi di setiap fakultas dalam upaya meningkatkan kualitas universitas. Untuk itu, dosen Universitas Teuku Umar (UTU) perlu memperbanyak membimbing mahasiswa dalam membuat proposal PKM, saran Prof. Sri Aprilia.

Saran Prof. Dr. Ir. Sri Aprilia, MT, Koordinator Program Studi Magister Teknik Kimia-Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) disampaikan ketika bincang-bincang dengan Tim UTU News, di Unsyiah-Banda Aceh, belum lama ini.

Prof. Sri Aprilia mengingatkan, sekarang ini diluar jadwal mengajar dosen juga harus membimbing penelitian mahasiswa pada Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang setiap tahun disediakan. “Usahakan dosen UTU ditugaskan untuk membimbing PKM mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu membuat proposal untuk diusulkan”.

Prof. Sri Aprilia meyakini, mahasiswa UTU banyak yang kreatif. Tinggal saja dosen begaimana memotivasi dan memfasalitasi mahasiswa. Salah satu cara adalah dengan membuat workshop teknik menulis proposal. “Saya siap dan bersedia kalau diundang untuk memberi pelatihan menulis proposal karya penelitian bagi mahasiswa sehingga mahasiswa lebih bergairah dalam menulis.  Dan kapada mahasiswa saya berharap, perbanyaklah interaksi dengan para dosennya, sehingga dapat mempermudah dalam segala hal untuk meraih kesuksesan”, ujar Prof. Sri. Aprilia.

Prof. Sri Aprilia mengatakan, selain itu ketersediaan sarana dan prasarana sangat menentukan, seperti adanya labor penelitian.  UTU Sudah negeri, untuk mendapatkan dana penelitian dan pengabdian, perlu adanya penguatan kemampuan dosen  terutama kemampuan dosen dalam membuat proposal untuk mendapatkan dana penelitian dan pengabdian.

Menurut Prof. Sri Aprilia, penguatan membuat workshop  harus dimiliki seorang dosen. Dosen bukan hanya mengajar, lalu pulang. Tetapi segala macam harus dilakukan terus terutama untuk meningkatkan akreditasi. Karenanya, untuk penguatan program studi diperlukan peran Sumber Daya Manusia  (SDM) baik dari dosen maupun dari mahasiswa.

Disamping itu, kata Prof. Sri Aprilia, dosen juga harus memperkuat dirinya sebagai dosen. Untuk meningkatkan partisipasi dosen mencintai fakultasnya, pimpinan harus mendorong dosennya membuat proposal dan perlu juga mencari tenaga dari luar universitas atau di undang dari Kemenristekdikti untuk melatih para dosen dan mahasiswa dalam hal membuat proposal, sebagai upaya  untuk pengembangan Program Studi.  “Sekarang setiap penelitian output-nya publikasi. Dengan banyaknya publikasi dosen, tentu akan terangkat nama universitas”. (***)

Lainnya :