Prof. Ali Ibrahim, “UTU Tingkatkan Kerjasama Dengan Luar Negeri”
  • UTU News
  • 15. 08. 2019
  • 0
  • 109

“UTU perlu terus menerus merangkul semua elemen baik itu lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan yang mempunyai kesamaan visi. Dengan begitu, semua lembaga tersebut dapat diajak berkerja sama untuk membangun kampus UTU agar menjadi lebih baik dan semakin berkembang”, ujar Prof. Ali Ibrahim 

Prof. Dr. Ir. Ali Ibrahim Hasyim, M. S, menyampaikan hal itu ketika ditemui Tim UTU News di Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar disela-sela kegiatan visitasi akreditasi Prodi Agribisnis, belum lama ini.

Prof. Ali Ibrahim adalah  salah satu Profesor di Fakultas Pertanian Universitas Lampung, dalam Bidang Ekonomi Pertanian dan juga menjadi salah satu Tim Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dalam evaluasinya sebagai asesor perguruan tinggi, Prof. Ali Ibrahim menyarankan UTU untuk memperluas jaringan kerjasama baik ditingkat regional, nasional maupun luar negeri. 

“Kampus yang maju harus didukung oleh kerjasama yang baik. UTU sebagai kampus yang sedang berkembang harus memprioritaskan untuk meningkatkan bidang-bidang strategis terutama lingkup sumber daya manusia (SDM), apalagi saat ini saya lihat banyak tenaga-tenaga muda, sehingga ini sebagai investasi jangka panjang yang membutuhkan dukungan dalam mengembangkan kemampuan mereka”, ungkapnya. 

Perguruan Tinggi yang maju dengan memiliki SDM yang mempunyai visi ke depan dan terarah akan sangat mendukung perkembangan kampus. Saat ini, perguruan tinggi juga dinilai dari tingkat publikasi dan hasil penelitian yang dilakukan oleh para dosennya. Karya tulis para dosen baik ditingkat nasional terakreditasi dan internasional akan memberikan efek sejauhmana perguruan tinggi tersebut sudah maju.

UTU harus mendorong dosen-dosennya untuk terus menghasilkan karya tulis dan apabila ada yang malas dalam menulis akan diberi sanksi. Hal ini sebagai upaya untuk terus membangun semangat berkarya bagi para tenaga akademisi yang ada di UTU. Para dosen di UTU harus berani bersaing  ditingkat nasional baik untuk danah hibah maupun dari sumber lainnya. “Jangan sekali gagal langsung menyerah”, tambahnya.

Prof. Ali Ibrahim berharap UTU untuk terus mampu berkompetisi bukan hanya dari segi kuantitas mahasiswanya, akan tetapi dari segi dosennya juga harus mampu bersaing baik ditingkat nasional dan internasional. (Anhar Fazri)

Lainnya :