Prodi Ilmu Kelautan UTU Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum MBKM
  • UTU News
  • 21. 06. 2022
  • 0
  • 212

MEULABOH, UTU – Senin, 20 Juni 2022, Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-Universitas Teuku Umar (FPIK-UTU) melaksanakan Workshop, “Pengembangan Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)”, dengan menghadirkan Narasumber Luar Aceh, Pakar Kelautan  Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Dr. Ahmad Faizal., M.Si.

Workshop Kurikulum ini dibuka oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-Universitas Teuku Umar (FPIK-UTU), Prof. Dr. M. Ali Sarong, M.Si. “Workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis MBKM ini melibatkan stakeholder dengan tujuan untuk memberikan masukan-masukan terkait Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibutuhkan oleh pengguna lulusan”, ujar  Mohamad Gazali., S.Pi., M.Si, Ketua Prodi Ilmu Kelautan FPIK-UTU.

Prof. M. Ali Sarong dalam sambutannya antara lain menyampaikan, kegiatan workshop ini perlu adanya keterlibatan mitra MBKM untuk mengevaluasi kurikulum Prodi Ilmu Kelautan, sehingga lulusan dari  Prodi Ilmu Kelautan itu nantinya sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan (user). 

Sementara itu Narasumber sisi pertama, Dr. Ahmad Faizal yang juga Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin itu, mengatakan, materi secara gamblang terkait tahapan penyusunan Kurikulum MBKM yang sudah beliau jalankan di FKIP UNHAS sesuai dengan pencapaian profil lulusan yang dibutuhkan oleh dunia kerja.  Selain itu, kata Ahmad Faizal, dalam program MBKM timbul permasalahan meliputi tidak sesuai prodi, tidak bisa disetarakan dan prodi tidak izinkan.

Narasumber sesi kedua dilanjutkan dengan pemaparan oleh Ketua Prodi Ilmu Kelautan, Mohamad Gazali., S.Pi., M.Si. Materi yang disampaikan Mohamad Gazali terkait dengan Kurikulum MBKM Prodi Ilmu Kelautan dan capaian prestasi serta implementasi MBKM. “Alhamdulillah, Prodi Ilmu kelautan sangat antuasias dengan program MBKM yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek-DIkti, sehingga memperoleh prestasi penghargaan Kompetisi Kampus Merdeka terbaik I dengan insentif dana sebesar Rp. 250 juta untuk pengembanngan program MBKM di prodi”, sebut Mohamad Gazali.

Dalam Focus group discussion (FGD) yang dipandu Mohamad Gazali itu, guna menjaring aspirasi stakeholder yang terdiri dari pihak instansi pemerintah, asosiasi dan alumni sebagai dasar rujuan peninjauan kembali kurikulum Prodi Ilmu Kelautan. “Dalam FGD ini, para stakeholder sangat antuasias mengikuti diskusi dengan memaparkan berbagai studi kasus yang terjadi di daerah, dimana dibutuhkan solusi permasalahan oleh pihak Prodi Ilmu Kelautan”, ujar Mohamad Gazali. (Pimred UTU News)                                                                       

Lainnya :