Prodi Ilmu Hukum UTU Gelar Workshop Peningkatan Mutu Penelitian Dosen
  • UTU News
  • 21. 06. 2022
  • 0
  • 295

MEULABOH - UTU | Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Teuku Umar mengelar Workshop yang bertema “ Peningkatan Mutu Penelitian Dosen : Trik Pembuatan Proposal Hibah Penelitian Lolos Pendanaan Nasional”. Workshop yang dibuka oleh Dekan FISIP UTU Basri, S.H.,M.H berlangsung di ruang rapat pimpinan Universitas Teuku Umar berjalan kurang lebih selama 8 Jam.

Prof. Dr. Mella Ismelina FR, S.H.,M.Hum pemateri pada workshop tersebut merupakan dosen tetap pada Fakultas Hukum dan Pascasarjana Universitas Tarumanagara, Assesor BAN-PT serta beliau juga merupakan Reviewer DRPM Ditjen RPR Kemristek DIKTI. Sebuah momentum yang begitu berharga bagi dosen yang hadir pada workshop tersebut karena dapat menambah wawasan dari pengalaman Prof. Mella yang telah lama melalang buana dalam penelitian nasional.

Beberapa penekanan yang diberikan oleh Prof. Mella dalam workshop tersebut adalah bahwa terdapat tiga kebijakan dasar ketika berbicara penelitian yaitu penguatan proses hilirisasi penelitian dengan menghasilkan produk inovasi Perguruan Tinggi Vokasi dan mengawal implementasi RIRN sesuai Periode PRN yang sedang dijalankan dengan penguatan tema penelitian yang terkait dengan Green Economy, Blue Economy, Digital Economy, Pariwisata, dan Kemandirian Kesehatan serta mendukung program MBKM dalam bidang penelitian.

Sebagai kampus yang baru tumbuh Universitas Teuku Umar tentu punya beberapa masalah mengenai syarat tertentu untuk seorang peneliti agar dapat tembus penelitian nasional, namun di sisi lain Universitas Teuku Umar juga memiliki potensi yang begitu besar kedepan dalam dunia penelitian nasional mengingat potensi dosen yang di miliki oleh UTU, sebagaimana yang diketahui bahwa saat ini hampir 90% SDM UTU di warnai oleh generasi milenial, Ujar Prof Mella.

Dr. Afrijal Tjoetra, M.Si sebagai Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ikut hadir dari awal hingga workshop berakhir. Beliau berharap dengan di adakan workshop penelitian ini, akan banyak dosen-dosen muda yang dapat bersaing untuk dapat lolos pada penelitian nasional, beliau juga mengatakan kepada dosen-dosen muda untuk sangat melek dalam memperhatikan administrasi kepangkatan, karena itu merupakan salah satu syarat peneliti untuk lolos administrasi penelitian nasional.

Pada akhir workshop, Prof. Mella memberikan beberapa trik agar mudah diterima pada penelitian nasional dan yang paling penting dalam penelitian adalah berani memulai serta tidak mudah patah semangat jika belum berhasil. Peserta yang notabane-nya merupakan dosen usia muda berharap dengan pengetahuan yang dimiliki dan ilmu yang telah dibagikan oleh Prof.Mella dapat bershasil lolos penelitian nasional kedepan. (Humas UTU)

Komentar :

Lainnya :