Prodi Ilmu Hukum UTU Adakan Lomba Orasi Ilmiah Online
  • UTU News
  • 18. 05. 2020
  • 0
  • 285

MEULABOH - UTU | Lomba Orasi Ilmiah Mahasiswa adalah lantunan-lantunan suara Mahasiswa yang masih cinta dan peduli akan Bangsanya lewat kata-kata yang membangun, kritis, indah dan membara sebagai wujud nyata Mahasiswa yang sesuai dengan fungsinya sebagai Agent of Change, Moral Force dan Social of Control.

Peradaban yang sakit adalah ketika penguasanya itu koruptif lalu pengusahanya itu oportunis hingga mahasiswa dan kaum Intelektualnya itu apatis dan diam.

Hal tersebut mendasari Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar menggelar perlombaan orasi ilmiah bagi mahasiswa/i aktif khusus Prodi Ilmu Hukum FISIP UTU. Kegiatan yang akan berlangsung secara online ini mulai 26-31 Mei 2020. Sementara batas akhir pendaftaran hingga 23 Mei 2020 dan pengumuman juara akan berlangsung pada 2 Juni 2020.

Ketua Panitia pelaksana Phoenna Ath Thariq, S.H., LLM kepada media UTU.News mengabarkan perlombaan ini merupakan yang pertama sekali digelar oleh Prodi Ilmu Hukum FISIP UTU dan Insya Allah akan menjadi agenda tahunan kedepannya.

"Tahun ini merupakan perdana bagi kita melaksanakan lomba orasi ilmiah, karena itu peserta pun kita batasi hanya untuk mahasiswa Prodi Ilmu Hukum FISIP UTU saja yang bisa ikut." Terangnya.

Kegiatan perlombaan ini tentunya bertujuan untuk mencetak mahasiswa yang aktif di bidang hukum serta dapat meningkatkan kepercayaan diri dan semoga kedepannnya ilmu yang didapat selama ini bermanfaat di dunia kerja nantinya.

"Insyaallah untuk tahun depan perlombaan ini bukan hanya tingkat Prodi Ilmu Hukum di UTU saja namun bisa berkembang menjadi perlombaan orasi ilmiah tinggat Universitas bahkan Nasional,” Lanjut Phoenna

Adapun materi atau sub tema yang diperlombakan dalam agenda tersebut adalah konflik agraria di aceh; penanggulangan bencana di aceh; dan perlindungan anak di aceh.

Lomba yang akan digelar oleh Prodi Ilmu Hukum ini mendapat apresiasi dari pihak Fakultas. “Era globalisasi menuntut eksistensi mahasiswa untuk terus meningkatkan kemampuan diri untuk terus mengabdi pada Nusa dan Bangsa, dan selaku pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik saya sangat mengapresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah menggagas acara ini”. Kata Dekan FISIP UTU, Basri, SH., M.H.

Mahasiswa sebagai entitas utama Pemuda Indonesia harus belajar dari sejarah Pemuda terdahulu, agar kita tidak kehilangan orientasi dalam berkreasi. Dan semua itu untuk menjawab tantangan global dan pengabdian kepada Nusa dan Bangsa.

"Meskipun saat ini kita sedang dilanda krisis Pandemi Covid-19, yang tentunya menghambat kita untuk beraktivitas seperti biasanya, namun jangan sampai menghambat ide, gagasan dan kreativitas kita dalam berkarya." Pungkas Basri. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :