PPLPI UTU Gelar Bimbingan Teknis Operasional Alat-alat Labotatorium
  • UTU News
  • 23. 09. 2022
  • 0
  • 365

MEULABOH - UTU | Persatuan PLPI Universitas Teuku Umar bekerjasama denga bagian kepegawaian Biro Umum dan Keuangan Universitas Teuku Umar melaksanakan kegiatan bimbingan teknis operasional alat-alat laboratorium. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh PLP lingkup UTU ini berlangsung di aula utama Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, Rabu (21/9/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang kompeten menggunakan alat sehingga akan menciptakan pengembangan diri dari PLP itu sendiri.

Kegiatan yang akan dilakukan adalah pengoperasian alat-alat laboratorium mulai dari alat katagori I sampai dengan alat-alat katagori III. Selain mengoperasikan alat-alat, kegiatan bimtek ini juga melakukan pengujian dibidang mikrobiologi yaitu, mensterilkan alat-alat dengan menggunakan alat katagori III, membuat media tanam bakteri, menanam bakteri pada media yang sudah dibuat, dan menghitung banyaknya koloni bakteri yang hidup pada media tanam.

Kepala Biro Umum dan Keuangan UTU, Zulfirman, M.Si dalam sambutannya pada kegiatan pembukaan menyampaikan kegiatan bimtek Ini  merupakan suatu terobosan yang baik untuk pengembangan kapasitas fungsional tertentu dilingkup Universitas Teuku Umar.

"Dengan adanya inovasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PPLPI UTU, dapat membuat Jabatan Fungsional tertentu lainnya untuk berinovasi meningkatkan mutu dan kualitas  dibidangnya masing-masing secara professional," jelasnya

Koordinator Tenaga Kepandidikan UTU, Bapak Rahmad Hidayat, SP mengatakan bahwa peningkatan kompetensi melalui Bimtek Operasional Alat Laboratorium untuk pranata laboratorium ini merupakan salah satu bentuk dan komitmen kami ditahun 2022, sehingga kami dapat meningkatkan jumlah tenaga kependidikan ASN yang memperoleh haknya dalam mendapatkan peningkatan kompetensinya.

"Setelah kegiatan ini kita akan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang lainnya sesuai dengan kebutuhannya tentunya untuk meningkatkan SDM tenaga kependidikan Universitas Teuku Umar," kata Rahmad Hidayat

Lebih lanjut, Ketua Panitia Jelliani, SP.,M.Si dari PLP Prodi Agribisnis menambahkan kegiatan Bimtek ini dilakukan atas dasar mengembangkan SDM PLP UTU. Sehingga PLP dapat menciptakan kelas yang kolaboratif dan partisipatif untuk mendukug salah satu Indikator Utama Kinerja Perguruan Tinggi (IKU 7).

Kemudian laboratorium juga harus menerapkan system mutu pengelolaan agar seluruh sumberdaya dapat dikelola secara professional, sehingga mampu menghasilkan data yang valid. Maka dari itu, melalui kegiatan Bimtek operasional alat laboratorium yang kita laksanakan ini dapat memaksimalkan dan melaksanakan fungsi Laboratorium Pendidikan yang Kompeten dan Profesional.

Ketua PPLPI UTU Azwar, SKM.,MPH sekaligus peserta dalam kegiatan bimtek ini mengatakan kegiatan-kegiatan pelatihan dan bimtek ini adalah sarana PLP untuk meningkatkan kompetensi, dimana dengan banyaknya kegiatan yang diikuti maka banyak pula pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. apalagi pranata laboratorium dituntut harus kompeten dibidangnya masing-masing dan harus professional dalam menjalankan pekerjaannya.

"Kedepan banyak kegiatan-kegiatan lainnya yang akan kita lakukan, tentunya untuk meningkatkan kapasitas PLP sebagai pengelola laboratorium," jelasnya

Kegiatan Bimtek Operasional Alat Laboratorium dilaksanakan selama tiga (3) hari, dimulai dari hari Rabu 21 September 2022 sampai dengan 23 September 2022. Adapun tempat pelaksanaanya dilakukan di laboratorium benih Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Laboratorium Ilmu Kesehatan Program Studi Ilmu Kesehatan.

Adapun narasumber didatang langsung dari Baristand Banda Aceh yaitu Ibu Lancy Maurina, SKM.,MT penguji mutu barang Ahli Pertama dan Elfesra Shubri, A.Md Penguji Mutu Barang Terampil. (Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :