Pimpinan UTU Jemput Mahasiswa KKN di Abdya
  • UTU News
  • 24. 02. 2020
  • 0
  • 266

MEULABOH – Rektor Universitas Teuku Umar (UTU), Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA, diwakili Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswa, Drs. H. Muslim Raden, M.Si, menjemput kembali 48 mahasiswa setelah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN), di Wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, Minggu, 23 Februari 2020.

Acara penjemputan dan penyerahan kembali mahasiswa KKN kepada Pimpinan UTU, dilakukan di Kantor Camat Kecamatan Lembah Sabil, Abdya. Penyerahan kembali mahasiswa setelah melakukan KKN dilakukan Camat Lembah Sabil, TR. Syahrir, S.Pd, mewakili Bupati Abdya.

Penyerahan kembali mahasiswa KKN berlangsung sederhana, dan disaksikan  Kepala LPPM-PM UTU, Ir. H. Rusdi Faizin, M. Si, Koordinator KKN-UTU Teungku Nih Farisni, S.KM.,M. Kes, Sekretaris KKN, Nabil Zurba, S.Pi, M. Si, para keuchik, dan sejumlah pejabat lainnya dari Kabupaten Abdya.

Mahasiswa KKN angkatan XIV tahap II Tahun 2020 ini sebanyak 48 orang,  telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sejak 13 Januari sampai 22 Februari 2020, dan di tempatkan pada 7 (tujuh) desa dalam Kecamatan Lembah Sabil yaitu Desa Padang Keulele, Ujong Tanoh, Geulanggang Batee, Meunasah Tengoh, Meunasah Sukon, Meurandeh, dan Toko Dua.

Kepala Biro AKPK, Muslim Raden dalam arahannya antara lain mengatakan, ada lima indikator, mahasiswa dinilai sukses melaksanakan KKN kepada masyarakat. Pertama, kualitas. Berdasarkan laporan Camat Lembah Sabil, program yang hasilkan oleh mahasiswa kali ini dinilai berkualitas dan bernilai inovasi, misalnya mahasiswa KKN telah membuat batu bata dari plastik. Indikator kedua yaitu waktu, artinya tepat waktu. Keberadaan mahasiswa dapat diterima oleh masyarakat.

Ketiga, kapability. Mahasiswa telah menunjukkan kemampuan dan karakternya dengan baik selama berada dalam masyarakat. Keempat, inisiatif, artinya program pokok yang  dilakukan mahasiswa diharapkan bermanfaat dan belum pernah dilakukan oleh orang lain. Kelima, komunikasi. Komunikasi antara mahasiswa dengan pimpinan, dengan keuchik dan masyarakat berlangsung baik. “Kelima indikator itu hendaknya menjadi cacatan bagi mahasiswa lainnya yang akan melakukan KKN ke depan”, pesan Muslim Raden.

Muslim Raden juga menyampaikan, keberhasilan KKN kali ini tidak terlepas dari kesiapan dan kerja keras Kepala LPPM, Koordinator KKN, Bapel KKN, serta dukungan, semangat dan kesiapan masyarakat menerima mahasiswa. Untuk itu, kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Bupati, Bapak Camat, Bapak Keuchik, masyarakat Abdya serta seluruh aparatur lain-nya, atas segala bantuan yang telah diberikan selama ini kepada mahasiswa UTU.   

Sementara itu, Camat Lembah Sabil, TR. Syahrir, S.Pd mengatakan, berdasarkan laporan keuchik dari tujuh  desa, “KKN kali ini berlangsung tertib, mahasiswa saling berkomunikasi dengan baik, ramah, dan sopan. Setiap kegiatan di desa, mahasiswa aktif mengikutinya”.

Kepala LPPM-PM, Rusdi Faizin juga mengakui banyak program yang dilakukan mahasiswa KKN kali ini bernilai inovasi. Untuk itu kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa. Kami juga menyanpaikan permohonan maaf kepada Pemerintah Kabupaten Abdya, kepada Bapak Bupati beserta jajarannya atas sikap dan perilaku yang kurang berkenan dari mahasiswa. Dan terima kasih kepada Bupati dan seluruh apaaratur serta masyarakat atas kesediaan menerima mahasiswa UTU melakukan KKN di Abdya ini. (Muzakkir)

Lainnya :