Pembukaan MTQM Nasional Meriah, Kafilah UTU Bersaing Dengan 179 Universitas
  • UTU News
  • 01. 08. 2019
  • 0
  • 278

BANDA ACEH – 17 Mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) yang menjadi peserta sayembara musabaqah, ikut memeriahkan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran-Mahasiswa Nasional (MTQMN) ke-XVI, di Stadion Unsyiah (Universitas Syiah Kuala), Prof. Dr. M. Ali Basyah Amin, MA, Banda Aceh, Minggu malam, 28 Juli 2019. MTQMN dibuka oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ristekdikti, Prof. Dr. Ismunandar, mewakili Menristekdikti.

“Pembukaan MTQMN ke-XVI tahun 2019 yang ditandai dengan pemukulan rapai oleh Dirjen Belmawa didampingi pejabat negara lainnya, dimeriahkan dengan  tarian kolosal,  penampilan ‘Surah’ Opening Ceremony yang dimainkan oleh mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh”.

Acara pembukaan MTQMN Ke-XVI tahun 2019, dihadiri ribuan undangan dari seluruh provinsi di Indonesia, para rektor dan wakil rektor se-Indoenesia, serta pajabat Negara Pusat, Tingkat I dan Tingkat II Aceh, Pimpinan dan anggota DPR Aceh, Walikota Banda Aceh, dan ikut dihadiri Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA, Wakil Rektor III-UTU, Dr. Mursyidin, MA, Kepala Biro Akademik, Drs. Muslim Raden, M. Si, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Mawardi Amin, SE, Ak, Kabag Akademik, Husni Mubarak, S.HI, Kepala Bagian Umum UTU, Said Adla Fauzan, SP.,MP, para official, pelatih kafilah dan panitia.

Dirjen Belmawa Prof. Ismunandar antara lain mengajak kita semua, semoga pelaksanaan MTQMN ini menjadi suntikan energi bagi kita semua umat Islam untuk membumikan Alquran dalam kehidupan nyata dan membumikan Alquran dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai umat yang beriman kepada Allah SWT. “Saya berharap melalui MTQ Mahasiswa Nasional ini menjadi salah satu sumber kesejukan mewujudkan ukhuwah islamiyah. Dengan kita mengamalkan Alquran, saya percaya tidak ada lagi hoak, berita bohong, ujaran kebencian, fitnah memfitnah, caci mencaci diantara komponen bangsa kita ini”, ujar Prof. Ismunandar.

Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof. Dr. Syamsol Rizal  mengucapkan “selamat datang kepada kafilah dan para undangan dari seluruh  perguruan tinggi se Indonesia, di Kampus Unsyiah jantung hati rakyat Aceh”. Dalam sambutannya, Prof. Syamsol mengatakan, salah satu pesona Alquran adalah Musabaqah Tilawatil Quran. Alquran adalah pedoman hidup yang mencakup segala aspek kehidupan. Alquran merupakan instrumen penting bagi umat Islam untuk keluar dari fase kegelapan menuju fase terang benderang. Alquran menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemajuan alam.

Ketua Panitia MTQMN, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unsyiah, Dr. Ir. Alfiansyah Yuliannur, BC  menjelaskan, kafilah MTQMN ke XVI termasuk pelatih dan official mencapai 2500 orang, yang  berasal dari 179 Perguruan Tinggi Se-Indonesia, dari 34 Provinsi di Indonesia. Ke-17 kafilah mahasiswa UTU akan mengikuti tujuh cabang MTQMN yaitu Tilawatil Quran, Fahmil Quran, Qira`at Sab`ah, Karya Tulis Ilmiah Kandungan Alquran, Tartilil Quran,  Syarhil Quran dan Khaththil Quran.

Khusus kafilah UTU yang akan mengikuti Cabang Masabaqah Tilawatil Quran satu laki-laki satu perempuan yaitu Maulidin dan Astri Nova Yutika. Musabaqah Tartilil Quran satu laki-laki satu perempuan, Rudi Andika dan Rosam Winani Eliza. Musabaqah Qira`at Sab`ah (Riwayat Warsy dan Qalun) satu laki-laki satu perempuan, Muhammad Syarjawi dan Resti Nurfajri. Musabaqah Khaththil Quran Golongan Dekorasi Yaitu Nila Hardina (perempuan). Musabaqah Khaththil Quran Golongan Kontemporer dua orang, satu laki-laki satu perempuan yaitu Abdul Rafar dan Oni Fariana.

Sementara Cabang MTQMN lainnya yang diikuti kafilah UTU semuanya  perempuan adalah Cabang Musabaqah Fahmil Quran tiga orang yaitu Siti Muzdalifah, Fuji Sintia Armi, dan Devia Yurenda. Musabaqah  Syarhil Quran juga tiga orang yaitu Yul Fitranur, Alfadhillah Warahmah, dan Hasmita. Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Quran yang  diikuti dua orang adalah Arita Asrianur dan Syifaul Rahmawati.

Pelatih kafilah MTQ UTU Bidang Fahmil Quran adalah H. Kamil Syafruddin, Lc. Palatih Bidang Qira`at Sab`ah, M. Junet. Pelatih Bidang Syarhil Quran, Nurul Hadi, MA. Pelatih Bidang Karya Tulis Ilmiah Kandungan Quran adalah Aan Muhammad, M. MLS dan Meylis Safriani, ST.,MT. Pelatih Bidang Tilawatil Quran dan Tartilil Quran adalah Zainal Abidin. Pelatih Khaththil Quran, Awir, S. Ag. (***)

 

Lainnya :