• UTU News
  • 05. 04. 2021
  • 0
  • 262

MEULABOH - UTU | Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) Universitas Teuku Umar mengadakan kegiatan ultra marathon dengan jarak5 KM rute pintu gerbang UTU - Simpang Alpen, Gunong Kleng, meureubo, Aceh Barat, Sabtu (3/4/2021).

Lari marathon bertajuk Be Healthy In 2021 ini merupakan prakarsa dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Pemerintah Mahasiswa Universitas Teuku Umar yang telah termaktub dalam rencana kerja kementerian sejak dilantik kepengurusan. 

Ide diadakannya acara ini sendiri digagas oleh salah satu pengurus PEMA yaitu Menpora, Aleng Maulida Hermi. Awalnya pihak penyelenggara tidak terlalu yakin dengan minat mahasiswa terhadap acara ini, namun tanpa diduga sambutan hangat didapatkan, terlihat dari jumlah pendaftar yang melebihi ekspektasi sebelumnya.

Marathon ini dibagi dalam dua nomor, yaitu nomor Putra 5 KM dan Nomor Putri 5 KM. Para peserta lari marathon  dilepas dengan pengibaran bendera start oleh Menpora PEMA UTU di pintu Gerbang Kampus. Sebanyak 130 peserta dari berbagai fakultas ambil bagian dalam lari marathon ini. Sebelum acara start lari marathon dimulai, seluruh peserta melakukan doa bersama.

Sebagai wadah kampanye hidup sehat dan ajang silaturahmi, acara ini akan menjadi kegiatan tahunan PEMA UTU.

"Diharapkan ini akan menjadi kegiatan tahunan PEMA untuk periode-periode yang akan datang, karena selain sebagai media kampanye hidup sehat, lari marathon juga sebagai sarana silaturrahmi sesama mahasiswa dari berbagai program studi." Jelas Ajeng saat dikonfirmasi oleh media  UTU.News.

Adapun juara pertama dari masing-masing nomor adalah Emil Kostadino dari Prodi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan angkatan 2017 dan Asri Utami Wirlianda dari prodi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan 2020. Kepada para juara, masing-masing mendapatkan Medali, Uang Tunai dan Sertifikat Penghargaan.

Dikonfirmasi terpisah, Presiden Mahasiswa Universitas Teuku Umar, Syafyuzal Helmi mengapresiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga PEMA UTU atas suksesnya kegiatan ini.

"Pelajaran yang bisa kita ambil dari Ultra Marathon ini adalah membangun karakter mahasiswa itu seperti lari marathon. Perlu persiapan dan strategi sebab jarak tempuh yang jauh. Maka harus tau kapan mengambil nafas, cermat mengatur strategi kapan harus memacu langkah dan kapan beristirahat agar mampu mencapai garis finis." Jelas Helmi. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)

Komentar :

Lainnya :