P3AI UTU Gelar Kuliah Umum Peningkatan Nilai Spiritual, Diikuti 1.700 Mahasiswa
  • UTU News
  • 18. 01. 2021
  • 0
  • 470

MEULABOH - UTU | Pusat Pengembangan Pendidikan Agama Islam (P3AI) Universitas Teuku Umar (UTU) menggelar kuliah umum dengan tema "Pengembangan Nilai-nilai Spiritual dan Karakter Mahasiswa dalam Menghadapi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka di Universitas Teuku Umar" Sabtu, (16/01/21).

Kuliah umum yang diselenggarakan secara online via zoom meeting dan youtube ini menghadirkan Pimpinan Pesantren Nur Darissalam Nagan Raya yang juga Kepala Urusan Rabkum Polres Nagan Raya, Ustadz AIPTU Masyhuri, SH sebagai pemateri.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan Alumni Universitas Teuku Umar, Dr. Mursyidin, MA dengan diikuti sekitar 1.700 mahasiswa UTU angkatan 2020 atau yang sedang mengikuti program pengembangan pendidikan Agama Islam.

Dalam sambutan dan arahannya Dr. Mursyidin menyampaikan P3AI merupakan lembaga khusus yang dibentuk untuk melaksanakan program pementukan karakter mahasiswa berakhlakul karimah yang memiliki jiwa yang baik, hal itu dapat dilihat dari karakter pemateri yang didatangkan yaitu seorang polisi sekaligus seorang ustadz pimpinan Dayah Pesantren.

Dr. Mursyidin menambahkan informasi penting, jika dalam waktu dekat akan diselengarakan kegiatan MTQ Mahasiswa Nasional, maka diharapkan mahasiswa peserta P3AI UTU bisa mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi yang akan dilaksanakan ditingkat Universitas Teuku Umar dan pemenangnya akan mengikuti MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Bangka Belitung atau di Padang Sumatera Barat.

Ia juga mengharapkan kepada Pusat P3AI Untuk menambahkan penambahan program Dakwah, seperti safari sebagai langkah untuk pengabdian.

Adapun Ustadz AIPTU Masyhuri dalam materinya diantaranya menyampaikan tentang Akhlakul karimah kunci sukses di Dunia dan di Akhirat, akhlakul karimah atau sikap terpuji sesuai dengan ajaran agama, bagi orang yang memiliki akhlakul karimah maka akan selalu disenangi oleh sesama manusia, bahkan jika seseorang berperilaku sesuai ajaran agama islam maka sudah pasti baik dimata Allah.

"Dalam menghadi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka mahasiswa harus memiliki sikap dan akhlak yang mulia pada suasana dan lingkungan yang baru dengan menjaga nama baik almamater kampus tercinta." Jelasnya

Ustadz AIPTU Masyhuri juga menambahkan tentang Jenis akhlakul karimah atau akhlak yang mulia yang meliputi berbakti kepada orang tua, sopan terhadap guru atau dosen, menghormati sesama teman, bersikap baik dengan tetangga dan cinta kepada Allah SWT, sedangkan akhlakul madhmumah atau akhlak tercela diantaranya dengki, dendam, mengadu domba, mengupat, ujub, takabur atau sombong, khianat, bakhil dan munafik.

Sebelumnya Koornator Pusat P3AI Sulaiman Ali, ST., MT, dalam laporannya menyampaikan bahwa kuliah umum P3AI ini merupakan rangkaian penutup dari proses pembelajaran P3AI Semester Ganjil T.A 2020/2021 yang meliputi program metode iqra’, praktek ibadah, fardhu kifayah dan mentoring akhlak dan ketauhidan dan pembelajaran P3AI dalam semester ini dilakukan secara online, proses pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.

"Adapun peserta yang mengikuti kuliah umum ini melaui link zoom dan live YouTube P3AI UTU dengan Jumlah partisipan  yang mengikuti Kuliah Umum 1753 mahasiswa angkatan 2020 dan beberapa peserta mahasiswa P3AI yang masih melakukan remedial , tindak lanjut dari Kuliah Umum P3AI, peserta wajib membuat Resume dari materi yang diberikan oleh Narasumber dan dikirim pada masing-masing kelompok mentor P3AI." Pungkasnya (AP).

Komentar :

Lainnya :