Masyarakat Kluet Aceh Selatan “Sambut” Mahasiswa KKN
  • UPT_TIK
  • 12. 01. 2022
  • 0
  • 420

MEULABOH, UTU – Rektor Universitas Teuku Umar (UTU), Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA menyerahkan mahasiswa melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecmatan Kluet Utara dan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Senin, 9 Januari 2022.

Hadir dalam penyerahan mahasiswa Kepala LPPM UTU, Ir. H. Rusdi Faizin, M.Si, Sekretaris LPPM, Herdi Susanto, ST.,MT bersama jajarannya, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Kepala Desa dalam wilayah Kluet Utara dan Klut Tengah, serta masyarakat setempat. Penyerahan mahasiswa KKN dilakukan di dua tempat, di Kluet Utara dan di Kluet Tengah. 

Untuk Wilayah Kluet Utara, mahasiswa KKN diserahkan langsung oleh Rektor UTU, Prof. Jasman, di gedung pertemuan kecamatan setempat. Sedangkan mahasiswa KKN yang ditempatkan di Kluet Tengah diserahkan oleh Wakil Rektor I, Dr. Alfizar, DAA.  

Prof. Jasman antara lain mengharapkan kepada mahasiswa KKN dapat berkontribusi ilmu dan karyanya dalam usaha mendukung kemajuan desa, disamping bisa terus belajar banyak bersama masyarakat setemoat. “Jaga almamater dengan baik, berkomunikasilah dengan santun bersama masyarakat, sehingga harapan dan cita-cita dapat terwujud”, ujar Prof. Jasman sembari memperkenalkan perkembangan Kampus UTU kepada pemerintah dan masyarakat Kluet Aceh Selatan. 

Sementara, Camat Kluet Utara, Misbah, S. Ag mernyampaikan, pada prinsipnya pemerintah dan masyarakat bersedia menerima mahasiswa UTU melakukam KKN di daerah kluet ini. Misbah menegaskan, di Kecamatan Kluet itu masyarakatnya manjemuk, ada bahasa kluet, ada bahasa padang, ada bahasa Aceh dan didominasi oleh masyarakat kluet. “Untuk itu, adik-adik mahasiswa harus hati-hati, diharapkan mampu beradaptasi dengan baik dan siap menerima norma kolektif yang ada dalam masyarakat kluet”, ujar Misbah.  

Ketua Koordinator Pusat KKN dan Pemagangan, Tgk. Nih Farisni, SKM.,M.Kes menyampaikan, peserta KKN Tematik angkatan III Tahun 2022 berjumlah 122 mahasiswa, dan akan ditempatkan pada 34 gampong yang tersebar di Kluet Utara dan Kluet Tengah. Pelaksanaan KKN Tematik adalah 30 hari yang dimulai dengan acara pelepasan pada tanggal 10 Januari 2022, dan akan dijemput pada 10 Februari 2022. Mahahasiswa KKN untuk Wilayah Kluet Utara sebanyak 74 orang, dan untuk Wilayah Kluet Tengah 48 orang. “Lakukanlah koordinasi dan diskusi program kerja bersama DPL dan warga setempat, agar program yang disusun menjadi tepat guna”. (***) 

Lainnya :