Mahasiswa UTU Diberangkatkan Berkompetisi Dengan 34 Provinsi di Ajang MTQ Nasional
  • UTU News
  • 28. 07. 2019
  • 0
  • 393

 

MEULABOH – Kafilah Mahasiswa Universitatas Teuku Umar (UTU), Minggu pagi, 28 Juli 2019,  diberangkatkan mengkuti sayembara Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) ke-XVI, yang dilaksanakan di Stadion Unsyiah (Universitas Syiah Kuala), Prof. Dr. M. Ali Basyah Amin, MA.

Kepala Bagian Akademik UTU, Husni Mubarak, S.HI yang mendampingi langsung keberangkatan kafilah UTU menjelaskan, kafilah MTQMN UTU sejumlah 17 orang, laki-laki dan perempuan diberangkatkan bersama kenderaan bus umum milik UTU. Official dan pelatih kafilah MTQ UTU berangkat lebih duluan, sehari sebelum kafilah berangkat.

Kafilah mahasiswa UTU berkumpul di depan Mesjid Agung-Meulaboh. Sesaat sebelum berangkat, Pak Husni Mubarak tampak berfoto bersama dengan kafilah di depan pintu gerbang Masjid Agung, minggu pagi, 28 Juli 2019. Usai berfoto, Pak Husni Mubarak bersama kafilah MTQMN UTU berangkat menuju Banda Aceh, dengan bus umum UTU.

Informasi dari Humas Unsyiah, MTQMN ke-XVI  tahun 2019 ini, akan diikuti 2000 lebih mahasiswa yang berasal dari 179 Perguruan Tinggi Se-Indonesia, dari 34 Provinsi di Indonesia. Pembukaan MTQMN direncanakan akan dilakukan, Minggu malam 28 Juli 2019, pukul 20.30 WIB oleh Menristekdikti, Prof. Dr. Mohamad Nasir.

Marhaban dan Fitria Sari, S.Pd sebagai Official Kafilah UTU mengatakan,  kegiatan MTQ akan berlangsung mulai,  28 Juli sampai 4 Agustus 2019. Ke-17 kafilah mahasiswa UTU akan mengikuti tujuh cabang MTQMN yaitu Tilawatil Quran, Fahmil Quran, Qira`at Sab`ah, Karya Tulis Ilmiah Kandungan Alquran, Tartilil Quran,  Khaththil Quran, dan Syarhil Quran.

Dirincikan, khusus kafilah UTU yang akan mengikuti Cabang Masabaqah Tilawatil Quran satu laki-laki satu perempuan yaitu Maulidin dan Astri Nova Yutika. Musabaqah Tartilil Quran satu laki-laki satu perempuan, Rudi Andika dan Rosam Winani Eliza. Musabaqah Qira`at Sab`ah (Riwayat Warsy dan Qalun) satu laki-laki satu perempuan, Muhammad Syarjawi dan Resti Nurfajri. Musabaqah Khaththil Quran Golongan Dekorasi Yaitu Nila Hardina (perempuan). Musabaqah Khaththil Quran Golongan Kontemporer dua orang, satu laki-laki satu perempuan yaitu Abdul Rafar dan Oni Fariana.

Sementara Cabang MTQMN lainnya yang diikuti kafilah UTU semuanya  perempuan adalah Cabang Musabaqah Fahmil Quran tiga orang yaitu Siti Muzdalifah, Fuji Sintia Armi, dan Devia Yurenda. Musabaqah  Syarhil Quran juga tiga orang yaitu Yul Fitranur, Alfadhillah Warahmah, dan Hasmita. Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Quran yang  diikuti dua orang adalah Arita Asrianur dan Syifaul Rahmawati.

Murhaban menjelaskan, pelatih kafilah MTQ UTU Bidang Fahmil Quran adalah H. Kamil Syafruddin, Lc. Palatih Bidang Qira`at Sab`ah, M. Junet. Pelatih Bidang Syarhil Quran, Nurul Hadi, MA. Pelatih Bidang Karya Tulis Ilmiah Kandungan Quran adalah Aan Muhammad, M. MLS dan Meylis Safriani, ST.,MT. Pelatih Bidang Tilawatil Quran dan Tartilil Quran adalah Zainal Abidin. Pelatih Khaththil Quran, Azwir, S. Ag.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTU, Dr. Mursyidin, MA yang mengawal kafilah MTQ mahasiswa UTU mengharapkan kepada Qari dan Qariah UTU yang sudah siap untuk bertanding semoga dapat menunjukkan penampilannya yang terbaik demi membawa harum nama UTU di kancah Nasional. (***) 

Lainnya :