Mahasiswa UTU Ikuti Seleksi Debat NUDC
  • UTU News
  • 28. 07. 2020
  • 0
  • 535

MEULABOH - UTU | Sub-Bagian Kemahasiswaan Universitas Teuku Umar menyelenggarakan seleksi calon peserta untuk menjadi perwakilan UTU dalam National University Debate Championship (NUDC). NUDC adalah acara bergengsi yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud. Kasubbag Kemahasiswaan, Hasrah Junaidi, M.Kes menyebutkan “tercatat ada 9 (sembilan) mahasiswa UTU yang mengikuti seleksi untuk dikirim ke tingkat wilayah pada tanggal 12-14 Agustus 2020. Jika lolos tingkat wilayah, mereka akan menuju tingkat NUDC tingkat nasional 24-30 September 2020. Kemudian peserta tingkat nasional akan menjadi delegasi kompetisi debat tingkat dunia (WUDC) yang direncanakan berlangsung pada bulan Juli 2021.”

Kemampuan berargumentasi dan debat menjadi salah satu bagian penting dari kompetisi di era global. Kompetisi debat menuntut wawasan yang luas, kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan kemampuan berargumentasi. Juri dalam seleksi ini adalah dosen UTU, diantaranya Firman Parlindungan, Ph.D, Amsal Irmalis, M.Sc., dan Endah Anisa Rahma, M.Pd. Para juri ini punya pengalaman yang mumpuni di bidang debat Bahasa Inggris.

Amsal yang pernah menjadi finalist NUDC tingkat nasional pada tahun 2012 mengatakan, “Kemampuan bahasa Inggris yang baik akan meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat internasional, sedangkan kemahiran dalam berargumentasi akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk membuat keputusan berdasarkan analisis yang logis dan faktual.”

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan kompetisi NUDC tahun ini mengalami penyesuaian akibat pandemic Covid-19. Pelaksanaan seleksi menggunakan aplikasi Zoom, sehingga peserta bisa berada di rumahnya masing-masing. NUDC menggunakan sistem debat British Parliamentary (BP) dimana satu tim terdiri dari dua orang debaters. Semoga mahasiswa UTU berhasil lolos hingga ke tingkat dunia. (Firman Parlindungan).

Komentar :

Lainnya :