Mahasiswa KKN
  • UTU News
  • 27. 07. 2019
  • 0
  • 275

MEULABOH – Mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) telah melahirkan berbagai program kerja utama, program kerja penunjang dan program kerja pendukung yang dinilai sangat bermafaat dan berkesan bagi masyarakat setempat.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi (monev) yang dilakukan Pimpinan UTU dan menurut amatan wartawan, realisasi  program kerja mahasiswa KKN di sejumlah desa pada empat kecamatan dalam Wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya antara lain “membuka” Sekolah Sehat di Gampong Keude Paya dan Kebun Percontohan dengan pola penanaman tumpang sari di Gampong Gudang, dan pelatihan industri kecil bagi masyarakat.

Koordinator Lapangan (Korlap) KKN Gampong Keude Paya, Aman Sobari, mahasiswa  Fakultas Teknik, Prodi Teknik Industri menjelaskan, program kerja utama yang telah dilakukan kelompok mahasiswa KKN di Desa Keude Paya antara lain membuat kolam terpal, indeks masa subuh seperti menimbang dan mengukur berat badan, kesek kaki. Program kerja penunjang yang dilakukan yaitu mengadakan Musabaqah Tilawatil Quran bagi masyarakat, menggelar senam jantung sehat, dan menggerakkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan menggelar Sekolah Sehat di SD setempat, membuat aquaponik dan keripik papaya. Sedangkan program kerja pendukung yaitu melakukan sosialisasi tentang kenakalan remaja, gotong royong dan mengajar membaca Alquran bagi anak-anak di desa tersebut.

Mahasiswa KKN lainnya di Desa Keude Paya, Kecamatan Blang Pidie juga telah dilakukan sebagai contoh untuk masyarakat adalah tempat budidaya ikan yang dimodifikasi dari plastik dilengkapi dengan media sirkulasi air, yang diatasnya ditanam sayuran dalam media hidroponik terapung dipermukaan air. Ikan dapat dipanen dan sayuran dapat dipanen jika proses budidaya dapat dilakukan secara bersama.

Selain itu, kegiatan mahasiswa KKN yang ditempatkan di Gampong Baharu, program yang telah terealisasi diantaranya adalah cocodema (tanaman hias) dengan media tanam lumut, tanah liat, pupuk, dan tempurung kelapa. Tanaman hias ini dipadukan dengan kebun gizi berbahan pupuk cangkang telur, yang telah dimodivilasi menjadi pupuk. Berbagai program tambahan diantaranya gotong royong, pelatihan kue dan les bagi anak-anak gampong.

Sementara di Gampong Paoh  Kecamatan Susoh, kegiatan yang telah dilakukan di gampong ini diantaranya adalah membuat akuabonik sebagai tempat penanaman sayuran secara hidroponik, membuat media yang dilengkapi dengan aerator untuk sirkulasi air diantara bagian di dalam akuponik. Kegiatan lain yang telah dihasilkan adalah membuat rumah kreatif dengan berbagai polesan, sebagai tempat aktivitas masyarakat sekolah di tempat tersebut. Sedangakan mahasiswa KKN di Gampong Panjang Baru, diantaranya adalah membuat apotik hidup dan pupuk cair dari limbah kayu.

Kegiatan KKN di 4 Kecamatan di Kabupaten Aceh Barat Daya yaitu Kecamatan Blang Pidie, Setia, Susoh, dan Kecamatan Babah Rot. Kegiatan KKN dilaksanakan sejak Tanggal   27 Juni 2019 sampai  5 Agustus 2019, dan diikuti oleh 879 orang peserta KKN yang berasal dari 6 fakultas dilingkungan UTU. Setiap waktu pelaksanaan KKN, mahasiswa KKN dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Masing-masing  dosen DPL, rata membimbing 15-32 orang mahasiswa, yang ditempatkan pada 2 gampong dalam kecamatan di Kabupaten  Aceh Barat Daya. (***) 

Lainnya :