MAHASISWA FKM UTU ANGKATAN 2019 ADAKAN PUBLIC HEALTH EXPO 2020
  • Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • 05. 03. 2020
  • 0
  • 388
  • Mahasiswa

Meulaboh – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (FKM UTU) angkatan 2019 khususnya yang mengambil mata kuliah Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat dan Mikrobiologi mengadakan Expo Public Health dengan tema “Small Invisible But Useful" yang diselenggarakan di Lapangan FKM UTU pada hari senin tanggal 2 Maret 2020.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FKM UTU Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si yang diwakili oleh Safrizal, SKM, M.Kes Wakil  Dekan I Bidang Kemahasiswaan FKM UTU, Fedia Rizkita Sekjen Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM UTU, Dosen pengampu dari 2 mata kuliah, yaitu; Rinawati, S.Pd.I., M.Sc (Dosen Mata Kuliah Mikrobiologi) dan Sri Wahyuni Muhsin, S.Si., MPH (Dosen Mata Kuliah Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat), serta mahasiswa-mahasiswi FKM UTU dan undangan lainnya.

Zul Mahendi, ketua Panitia kegiatan Expo menyampaikan tujuan dari kegiatan ini “supaya mahasiswa yang mengambil matakuliah ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat dan Mikrobiologi tidak hanya memahami teori tetapi mampu mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk menghasilkan produk kesehatan berupa makanan seperti tape, salak plik u, puding buah naga, dan minuman seperti jus buah nipah, yogurt, dll”ungkapnya. Zul Mahendi menambahkan, selain produk makanan dan minumun,  ada juga produk kecantikan berupa masker wajah yang terbuat dari pare.

Dosen Matakuliah Sri Wahyuni Muhsin menambahkan "expo ini bukan hanya semata mata hanya untuk mendapatkan nilai, tetapi mahasiswa juga harus tau esensi atau tujuan membuat expo ini yaitu agar kalian mampu mengaplikasikan materi yang sudah dipelajari ke dalam bentuk produk baik makanan/minuman atau produk lainnya, jadi bukan hanya tahu teori saja. Contohnya misalnya dalam hal ilmu gizi, membuat makanan seperti puding naga, jadi kalian tidak hanya membuat, tetapi tahu zat apa yang terkandung dan manfaat buah naga tersebut" ungkapnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan I Safrizal, dimana beliau menyampaikan pada saat membuka acara “selama ini, pihak kampus selalu mendukung program-program mahasiswa. Termasuk, di ranah kreatifitas dan kewirausahaan. Sebab, secara umum, dekanan juga ingin mencetak lulusan yang mumpuni di bidang akademik maupun non akademik. Semangat juang kewirausahaan perlu menjadi landasan di setiap langkah para alumnus. Baik dari segi pendanaan, maupun birokrasi, pasti bakal dipermudah. Dengan demikian, para mahasiswa memiliki ruang ekspresi yang luas dan aplikatif. Para dosen juga telah memiliki visi yang sama dalam rangka pengembangan minat bakat tersebut.

"Untuk kegiatan perdana ini yang dilakukan oleh FKM, ada dua dosen yang terlibat sebagai pembimbing yang merupakan kolaborasi antara dasar ilmu gizi dan mikrobiologi, yaitu Sri Wahyuni Muhsin, S.Si., MPH dan Rinawati, S.Pd.I., M.Sc. Kita terus mendorong para dosen lainnya untuk membimbing mahasiswa dalam berkreativitas sehingga mampu bersaing dilevel nasional.”ungkapnya.

Selain itu, Sekjen BEM FKM UTU Fedia Rizkita sangat mengapresiasi kegiatan ini menyampaikan ”apresiasi yang sebesar-besarnya kepada teman-teman mahasiswa FKM angkatan 2019 yang telah menyelenggarakan kegiatan Expo ini, semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya” ungkapnya.

Lainnya :